Produsen Ponsel China Lagi Gencar Tanam Kamera di Bawah Layar

CNN Indonesia | Selasa, 25/06/2019 16:34 WIB
Produsen Ponsel China Lagi Gencar Tanam Kamera di Bawah Layar Ilustrasi (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua perusahaan raksasa perangkat ponsel China, Xiaomi dan Oppo dikabarkan tengah mempersiapkan ponsel dengan kamera di bawah layar (under display).

Wakil Presiden Xiaomi, Wang Xiang melalui cuitan di akun Twitter miliknya pada 3 Juni lalu mengunggah penjelasan terkait cara kerja kamera di bawah layar.

Menurut penjelasan Xiang, saat kamera swafoto diaktifkan, area tampilan layar di atas lensa kamera menjadi transparan, sehingga memungkinkan lensa untuk menangkap cahaya yang masuk. Sementara ketika kamera depan tidak diaktifkan, layar di atas kamera akan tetap memberikan tampilan gambar yang utuh. Hal ini dapat menjadi sebuah solusi untuk tampilan layar penuh bersama kamera depan.


Kamera ditempatkan di area kecil dengan tampilan transparan yang dibuat menggunakan kaca reflektif khusus dengan transmisi tinggi.

Selain itu perusahaan juga menanamkan kamera "kombo" dan memberikan sensor sebesar 20 megapiksel. Ditempatkannya kamera "kombo" itu memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke dalam lensa sehingga mendapatkan hasil foto yang lebih jernih dan tajam.



Sebelumnya, beredar kabar Oppo akan memperkenalkan ponsel pertama yang meyematkan kamera di bawah layar (under display) saat perhelatan Mobile Worl Congress (MWC) Shanghai, China pada 26 Juni 2019.

Kabar kemunculan ponsel dengan kamera di layar ini pertama kali bocor melalui media sosial Weibo. Salah satu pengguna menuliskan dalam unggahannya, "Oppo akan menunjukkan teknologi kamera di luar layar minggu depan dan solusi utama untuk ponsel layar penuh."

Sebelum bocor ke permukaan, Oppo sebenarnya telah mengunggah video yang menampilkan cara kerja kamera di bawah layar melalui akun Twitter resmi Oppo pada 3 Juni lalu.


Teknologi kamera under display dikembangkan untuk membenamkan kamera depan di bawah layar. Sehingga ponsel bisa memberikan tampilan layar penuh tanpa harus terhalang oleh notch atau "poni". (din/eks)