Studi: Gim Online Bantu Tingkatkan Kesadaran Berita Palsu

Reuters, CNN Indonesia | Selasa, 25/06/2019 09:48 WIB
Studi: Gim Online Bantu Tingkatkan Kesadaran Berita Palsu Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Studi dari University of Cambridge menunjukkan gim online bisa meningkatkan kesadaran mengenai berita palsu. Gim ini menunjukkan orang untuk menyebarkan bot Twitter hingga teori konspirasi yang menghasut.

Dilansir dari Reuters, penelitian terhadap 15 ribu pengguna game 'Bad News' yang diluncurkan tahun lalu oleh Cambridge Social Decision-Making Lab (CDSMLab).

Penelitian ini menunjukkan bahwa mungkin gim ini bisa untuk melatih masyarakat agar lebih baik dalam melihat propaganda.
"Penelitian menunjukkan bahwa berita palsu menyebar lebih cepat dan lebih dalam daripada kebenaran, sehingga memerangi disinformasi setelah fakta bisa seperti bertempur dalam pertempuran yang kalah," kata Sander van der Linden, direktur CDSMLab.


Facebook telah berinvestasi dalam pencegahan penyebaran berita palsu dan Rusia dituduh menyebarkan informasi palsu untuk mempengaruhi pemilihan. Rusia membantah tindakan semacam itu.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Palgrave Communications pada hari Selasa, menunjukkan bahwa bermain 'Bad News' hanya selama 15 menit membantu pengguna untuk mengembangkan 'antibodi mental' terhadap berita palsu.

Hasilnya menunjukkan bahwa para pemain lebih kecil kemungkinannya untuk mempercayai berita palsu daripada sebelum mereka memainkan permainan.
Tim telah menerjemahkan permainan ke dalam sembilan bahasa, termasuk Jerman, Serbia, Polandia dan Yunani dalam kemitraan dengan kementerian luar negeri Inggris, dan WhatsApp telah menugaskan permainan baru untuk platform pengiriman pesan, kata CDSMLab. (age/age)