Gim Online Harry Potter: Wizard Unite Kantongi Rp140 Miliar

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 06:32 WIB
Gim Online Harry Potter: Wizard Unite Kantongi Rp140 Miliar Wizards Unite. (Screenshot via harrypotterwizardsunite.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah sukses dengan Pokemon Go, Niantic kembali dengan gim mobile bertema Harry Potter: Wizard Unite. Gim yang memiliki konsep permainan serupa dengan Pokemon Go ini pun menggunakan teknologi Augmented Reality.

Gim yang baru meluncur kurang dari satu pekan ini langsung menyedot perhatian para gamer dan pecinta tokoh magis Harry Potter. Dalam pekan pembukaannya, Harry Potter: Wizards Unite mengantongi US$1 juta atau setara dengan Rp140 miliar.

Data perusahaan analisis aplikasi seluler, Sensor Tower memperkirakan gim ini akan menghasilkan US$10 juta dalam kurun waktu satu bulan. Pada hari pertama peluncuran, Harry Potter: Wizard Unite mengantongi US$300 ribu dengan 3 juta pemain.
Sebagai perbandingan, Pokemon Go, buatan perusahaan yang sama, Niantic, menghasilkan US$28 juta dalam empat hari pertama dan US$206 juta dalam sebulan


Sebagian besar pengeluaran untuk Harry Potter: Wizards Unite berasal dari pemain AS, sebesar 88%, diikuti oleh Inggris sebesar 8%. Gim ini belum diluncurkan di Jepang dan Korea Selatan, tetapi ini sudah menjadi aplikasi iPhone nomor satu melalui unduhan di 28 negara lain.

The Harry Potter: Wizards Unite merupakan augmented reality game yang bergantung pada GPS ponsel. Menggunakan ponsel, pemain dapat bergerak di sekitar dunia fisik sambil berinteraksi dengan objek AR, binatang buas, tempat menarik dan penyihir lainnya di peta permainan.

Permainan ini pertama kali diumumkan pada 2017 dan berasal dari WB Games San Francisco dan Niantic di bawah label Portkey Games. (age/age)