Riset LD UI: Go-Life Paling Bantu Mitra Perempuan Bandung

Gojek, CNN Indonesia | Jumat, 28/06/2019 07:30 WIB
Mitra Go-Life yang mencakup Go-Clean dan Go-Massage, menyumbang kontribusi sebesar Rp46 miliar ke dalam perekonomian Kota Bandung. Temuan menarik lainnya yaitu sebanyak 79 persen mitra Go-Life merupakan perempuan. (Foto: Dok. Gojek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) memaparkan hasil riset, bahwa para mitra Go-Life mengalami kenaikan pendapatan setelah bermitra dengan Gojek, hingga 55 persen.

Temuan menarik lainnya yaitu sebanyak 79 persen mitra Go-Life merupakan perempuan.

"Kenaikan pendapatan mitra Go-Life yang signifikan ini dapat membantu para mitra perempuan yang merupakan mayoritas dari mitra Go-Life," ungkap Wakil Kepala LD FEB UI, Dr. Paksi C.K. Walandouw.


Mitra Go-Life yang mencakup Go-Clean dan Go-Massage, menyumbang kontribusi sebesar Rp46 miliar ke dalam perekonomian Kota Bandung.

"Hal ini menunjukkan Gojek mampu meningkatkan partisipasi perempuan ke dalam ekonomi berbasis digital," tambah Paksi.

Sehingga, hasil riset LD FEB UI memaparkan kontribusi mitra Gojek kepada perekonomian Kota Bandung di tahun 2018 mencapai Rp2,1 triliun. Riset ini dilakukan terhadap empat jenis layanan Gojek yaitu Go-Ride, Go-Car, Go-Food, dan Go-Life.

Diketahui riset tersebut dilakukan di beberapa wilayah Indonesia termasuk Bandung di bulan November 2018 sampai Januari 2019 dengan menggunakan metode kuantitatif melalui wawancara tatap muka.

Beberapa responden di Bandung terdiri dari mitra Go-Ride sebanyak 385 responden, mitra Go-Car 50 responden, mitra UMKM Go-Food 100 responden, dan mitra Go-Life 80 responden. Sampel penelitian mewakili populasi mitra pengemudi, dengan tingkat keyakinan sebesar 95 persen. (mik)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK