Hampir 3 Dekade Kerja di Apple, Perancang iPhone Hengkang

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 28/06/2019 11:02 WIB
Hampir 3 Dekade Kerja di Apple, Perancang iPhone Hengkang Ilustrasi (REUTERS/Jason Lee)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perancang iPhone, Jony Ive mengundurkan diri dari Apple. Pengunduran dirinya ini menghakhiri kariernya yang hampir berusia tiga dekade di Apple. Jonathan Ive akan mendirikan perusahaan desain sendiri bersama dengan desainer ternama Marc Newson.

Perusahaan itu dinamakan LoveForm. Meski demikian, Ive tetap akan bekerjasama dengan Apple dalam beberapa proyek eksklusif. Bahkan Apple adalah pelanggan pertamanya.

"Apple akan tetap mendapat keuntungan dari talenta Jony dengan mengerjakan langsung proyek eksklusif," jelas CEO Apple Tim Cook dalam siaran pers. "Setelah bertahun-tahun bekerja sama saya senang hubungan kami akan terus berlanjut dan saya tetap akan terus bekerja dengan Jony di masa depan."


Ive bergabung di Apple pada 1992. Ia memiliki hubungan yang erat dengan Steve Jobs ketika Apple tengah terpuruk pada 1997. Salah satu produk awal dari kolaborasi keduanya adalah iMac yang dibuat pada 1998. Produk ini menjadi titik balik Apple perusahaan yang paling bernilai di dunia itu. 
Ive adalah perancang industrial yang paling disegani. Ia telah mengerjakan berbagai produk mulai dari Mac, iPod, iPhone, iPad, Apple Watch, dan banyak lagi. Ia juga terlibat dalam perancangan kampus Apple Park dan menentukan tampilan dan kesan pada toko ritel Apple.

Tak cuma perancangan hardware, Ive juga terlibat dalam perancangan software. Ia secara drastis mengubah tampilan iOS 7 pada 2013. Ia pun melakukan hal serupa pada software desktop Apple, macOS.

"Meski sudah tak menjadi karyawan Apple, saya masih akan sangat terlibat (dalam proyek Apple), saya harap dalam bertahun-tahun ke depan," jelasnya dalam wawancara dengan Financial Times. "Ini hanya hal alami dan (saya) tak tergesa-gesa untuk melakukan perubahan ini."

Jeff William akan menggantikan posisi Ive. Ia akan mengepalai perancangan industrial yang kepimpinan Alan Dye dan perancangan antarmuka manusia yang dipimpin Jeff Williams.

"Setelah hampir 30 tahun dan proyek yang tak terhitung, saya sangat bangga dengan pekerjaan yang telah kami lakukan untuk menciptakan tim desain, proses, dan budaya di Apple," terang Ive, seperti dikutip The Verge. "Saat ini (tim desain) lebih kuat, lebih bergairah, dan bertalenta dari titik sejarah Appple lainnya."

Jobs juga melakukan panggilan telepon ke Ive ketika meluncurkan iPhone perdana pada 2007. Dalam tahun-tahun setelahnya, Ive selalu muncul pada video yang mendokumentasikan dan menunjukkan rancangan terbaru iPhone. Namun, belakangan ia lebih jarang muncul tapi tetap menjadi pengisi voice over dari berbagai klip. (eks/eks)