Active Noise Cancellation Pun Kini Pakai Kecerdasan Buatan

CNN Indonesia
Selasa, 02 Jul 2019 06:54 WIB
Headset dengan active noise cancellation cukup banyak di pasaran, kini fitur tersebut juga disematkan dengan kecerdasan buatan. Headset Jabra yang dilengkapi dengan active noise cancellation yang cerdas (CNNIndonesia.com/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perangkat audio dengan active noise cancelation kini dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Dengan adanya kecerdasan buatan ini, headset bisa menyesuaikan kekedapan suara sesuai dengan kondisi kebisingan di sekitar.

Active noise canceling sendiri adalah teknologi yang biasanya disematkan di perangkat headset. Teknologi ini bisa mengedapkan pendengaran pengguna dari suara sekitar. Sehingga, pengguna bisa fokus dengan musik yang tengah didengarkan di headset. Namun biasanya pengguna mesti memilih sendiri tingkat kekedapan yang diinginkan.

Dengan kecerdasan buatan, headset bisa mengenali tingkat kebisingan suara sekitar dan menyesuaikan secara otomatis tingkat kekedapan bagi pengguna.


Salah satu perangkat yang sudah menggunakan teknologi ini adalah Jabra SmartSound. Dengan teknologi kecerdasan buatan AI audEERlNG, headset bisa menganalisis adegan akustik real-time dari suara lingkungan sekitar.

Teknologi audEERING dapat mendeteksi lebih dari 6.000 karakteristik suara unik dan menggunakannya untuk mengadaptasi output audio untuk setiap situasi tertentu.

Misalnya saat pengguna bergerak dari stasiun kereta yang bising ke gerbong kereta yang tenang, AI akan secara otomatis menyesuaikan audio agar optimal sesuai dengan lingkungan yang berubah.
Active Noise Cancellation Pun Kini Pakai Kecerdasan BuatanFoto: (CNNIndonesia.com/Jonathan Patrick)

"Teknologi ini akan memilih salah satu dari tiga momen, yaitu 'Commute', 'In Public' atau 'In Private' untuk menjamin kualitas suara yang konsisten untuk pengalaman audio Anda," kata Country Sales Manager Consumer Jabra, Louis Sudarso di peluncuran Jabra Elite 85h & Elite Active 45e, di Jakarta Pusat, Kamis (27/6).

Termasuk teknologi Active Noise Cancelling (ANC) dan teknologi Jabra HearThrough yang memungkinkan pengguna untuk mengatur suara di luar yang ingin didengar. ANC dan pengaturan lain di perangkat Jabra dapat diatur melalui aplikasi Jabra Sound+.

"Teknologi SmartSound dapat secara otomatis beradaptasi dengan keadaan sekitar untuk kebutuhan harian mobile seperti melakukan panggilan telepon. Mendengarkan musik atau pun podcast favorit dengan kualitas terbaik di mana pun pengguna berada," ujar Louis.

Jabra Elite 85h juga dibekali dengan enam mikrofon yang akan menghasilkan suara jernih ketika pengguna sedang melakukan panggilan telepon. Selain itu headset dibekali dengan speaker berukuran 40 mm.

Louis mengatakan Jabra Elite 85h juga dibekali dengan baterai yang memiliki daya tahan baterai selama 36 jam dengan kondisi ANC dalam keadaan aktif.

Jabra Elite 85h SmartSound akan tersedia dalam tiga warna, yaitu Titanium Black, Gold Beige dan Navy. Elite 85h dibanderol dengan harga retail sebesar Rp 3,99 juta. (jnp/eks)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER