Dealer Baru Kia Berdiri di 'Istana Indomobil'

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 28/06/2019 19:52 WIB
Dealer Baru Kia Berdiri di 'Istana Indomobil' Kia Grand Sedona di dealer baru Kia di kawasan Wisma Indomobil. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada penampakan baru di area Wisma Indomobil di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, yaitu dealer mobil Kia. Merek asal Korea Selatan itu kini bergabung dengan merek-merek lain afiliasi Indomobil yang ada di kawasan 'Istana Indomobil' itu seperti Suzuki, Nissan, Hino, Volkswagen, dan Audi.

Keberadaan Kia di Wisma Indomobil diketahui merupakan kelanjutan dari pembentukan perusahaan patungan, Kreta Indo Artha, hasil kerja sama antara Indomobil Sukses Internasional dengan Sarimitra Kusuma Ekajaya. Kreta Indo Artha yang dibentuk pada 17 Mei 2019 adalah pihak penjual mobil-mobil Kia.

Letak dealer Kia berada di gedung lama Wisma Indomobil 1, posisinya ada di lantai dua yang sebelumnya digunakan sebagai dealer dan kantor pusat Renault. Tidak ada logo Kia di luar gedung, jadi posisi dealer bisa dikatakan tersembunyi dari publik.


Dari pantauan CNNIndonesia.com, fasilitas Kia itu tidak seperti dealer pada umumnya lantaran memiliki suasana seperti kantor biasa. Walau begitu, dua unit Grand Sedona terlihat dipamerkan, satu-satunya model yang ditawarkan Kia ini diposisikan tepat di pintu masuk dealer untuk menyambut tamu.

Dealer Baru Kia Berdiri di 'Istana Indomobil'Kia Grand Sedona di dealer baru Kia di kawasan Wisma Indomobil. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP).
Beberapa pekerja juga tampak wara-wiri di dealer yang diketahui baru satu pekan ini beroperasi. Dari keterangan salah satu karyawan, dealer itu mulai beroperasi sejak Senin pekan ini.

"Baru buka satu minggu ini," ucap dia, Jumat (28/6).

Tidak terlihat aktivitas jual beli saat CNNIndonesia.com masuk ke dealer tersebut. Namun tenaga penjual disiagakan untuk menyambut siapapun tamu yang datang.

Beberapa ruangan yang dipisahkan sekat terlihat seperti jadi area ruangan pejabat dealer.

Diskon Sedona

Tenaga penjual yang dijumpai di lokasi mengatakan Sedona yang ditawarkan merupakan stok produksi 2018. MPV besar itu dijual dengan iming-iming diskon Rp50 juta.

"Harga masih sama Rp599 juta," ucap tenaga penjual itu, Jumat (28/6).

Meski terpantau sepi kunjungan dari calon konsumen, dealer baru Kia itu sudah berhasil menggaet pelanggan. Satu unit Grand Sedona, disebutkan tenaga penjual tersebut sudah laku terjual.

Menurut keterangan tenaga penjual, sejak dipegang Indomobil ada dua lokasi dealer Kia. Selain di Wisma Indomobil, ada juga di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara yang memiliki fasilitas bengkel.

Diketahui, dealer Kia di Wisma Indomobil juga difungsikan sebagai kantor. Sebelumnya, kantor pusat Kia Mobil Indonesia berada di kawasan Garuda, Kemayoran, Jakarta Pusat. (ryh/fea)


BACA JUGA