NASA Buka Kompetisi untuk Beri Nama Misi Mars 2020

CNN Indonesia | Senin, 01/07/2019 07:10 WIB
NASA Buka Kompetisi untuk Beri Nama Misi Mars 2020 Ilustrasi. (Foto: REUTERS/James Lawler Duggan)
Jakarta, CNN Indonesia -- NASA menyelenggarakan kontes nasional yang memberikan kesempatan bagi 12 siswa-siswi Amerika Serikat untuk membuat sejarah dengan memberi nama Rover (robot penjelajah) Mars 2020.

Dilansir laman resminya, NASA telah bekerja sama dengan dua organisasi yaitu Battelle Education dari Columbus, Ohio dan Future Engineers dari Burbank, California akan berkolabrasi dengan NASA pada kontes "Name the Rover" Mars 2020 yang akan dibuka untuk siswa pada musim gugur tahun ini.

Kontes yang melibatkan para siswa itu merupakan bagian dari upaya NASA dalam misinya ke Bulan dan Mars.


"Kami sangat gembira dengan kemitraan luar biasa ini. Kontes seperti ini menghadirkan peluang luar biasa untuk mengundang siswa dan pendidik muda untuk menjadi bagian dari perjalanan ini serta memahami kemungkinan kehidupan di luar Bumi dan demi memajukan kemampuan baru dalam teknologi eksplorasi," kata Eksekutif Program Mars 2020 NASA George Tahu.

Dengan memfokuskan kontes Mars 2020 "Name the Rover" pada entri K-12, kontes itu diadakan juga untuk mendukung tujuan nasional untuk menumbuhkan minat dalam sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) serta membantu menciptakan generasi pemimpin STEM berikutnya.

Battelle akan menghubungkan siswa ke misi Mars 2020 melalui portofolio jaringan STEM. Sementara Future Engineers, bakal melibatkan siswa K-12 dengan kontes dan tantangan untuk berinovasi.

Kontes "Name the Rover" Mars 2020 akan diselenggarkan pada situs Future Engineers yang berfungsi sebagai portal online untuk memasukkan pengiriman nama serta penilaian.

Siswa K-12 bukan satu-satunya yang dapat berpartisipasi dalam kontes. NASA juga mencari sukarelawan untuk membantu menilai ribuan usulan nama rover yang diperkirakan berasal dari seluruh negara selain AS.

Warga Amerika yang tertarik untuk meninjau seluruh nama robot yang diajukan oleh para siswa, dapat mengunjungi situs Future Engineers dan mendaftar menjadi juri di https://www.futureengineers.org/registration/judge/nametherover.

Rover yang belum diberi nama untuk misi Mars 2020 memiliki berat lebih dari 1.000 kilogram. Rover ini akan mencari tanda-tanda kehidupan makroba di masa lalu, mengkarakterisasi iklim dan geologi Bumi, mengumpulkan sampel untuk kemmbali ke Bumi, serta membuka jalan bagi eksplorasi di Planet Merah.

Proyek Mars 2020 dikelola oleh Direktorat Sains NASA dan dijadwalkan bakal meluncur dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida, AS pada Juli 2020 dan diharapkan mendarat di permukaan Mars pada Februari 2021.

[Gambas:Video CNN] (din/eks)