Kecewa Pada Tim Cook Disebut Jadi Alasan John Ive Hengkang

CNN Indonesia | Selasa, 02/07/2019 10:25 WIB
Kecewa Pada Tim Cook Disebut Jadi Alasan John Ive Hengkang Desainer Apple, Jony Ive. (Foto: JUSTIN SULLIVAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabar hengkangnya Jony Ive dari Apple pada akhir Juni lalu dibayangi kabar kurang menyenangkan terkait hubungannya dengan CEO Tim Cook.

Ive dikabarkan memutuskan untuk hengkang setelah selama beberapa tahun terakhir mengurangi perannya sebagai bos desain untuk produk-produk ikonik Apple.

Sosok yang telah bekerja selama hampir tiga dekade tersebut kabarnya kecewa lantaran Cook tidak menaruh perhatian pada desain perangkat.


Laporan Wall Street Journal mengungkapkan hubungan antara Ive dan Cook disebut tidak sebaik hubungan Ive dengan pendiri Apple Steve Jobs. Bahkan disebut ada ketidakcocokan antara keduanya di tempat kerja.

Pria asal Inggris tersebut kabarnya semakin merasa tertekan lantaran Cook tidak peduli dengan proses desain dan pengembangan produk. Berbeda dengan Jobs, Cook lebih fokus pada aspek mengejar pendapatan.

Kecewa Pada Tim Cook Disebut Jadi Alasan John Ive HengkangFoto: CNN Indonesia/Fajrian
Kekecewaan Ive lainnya disebut lantaran petinggi Apple diisi oleh sosok dengan layar belakang yang tidak terkait dengan bisnis inti perusahaan.

Ive memiliki pandangan berbeda dengan dewan direksi Apple salah satunya soal Apple Watch. Ive berpendapat Apple Watch hanya dijual sebagai aksesoris fesyen, bukan perangkat perpanjangan iPhone.

Akibatnya, Apple Watch terhitung gagal lantaran terjual jauh dari target penjualan di tahun pertamanya.

Kekecewaan tim desain Apple semakin meningkat setelah Ive acapkali absen pada rapat koordinasi tim. Puncaknya Ive absen saat pesta peluncuran Apple Watch pada 2015 silam.

Laporan Bloomberg sebelumnya mencatat sosok 'otak' di balik desain ikonik iPhone, iPad hingga Apple Watch memicu ketegangan di tim desain. Absennya Ive di sejumlah disebut berimbas pada hengkangnya beberapa anggota tim desain dalam beberapa tahun terakhir.

[Gambas:Video CNN] (evn/evn)