Bos Apple Bantah Jony Ive Keluar dari Apple Karena Kecewa

CNN Indonesia | Selasa, 02/07/2019 15:37 WIB
Bos Apple Bantah Jony Ive Keluar dari Apple Karena Kecewa Tim Cook (kiri) bersebelahan dengan Johy Ive (Justin Sullivan/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Apple Tim Cook membantah kabar soal mantan desainer terbaik Apple Jony Ive keluar dari perusahaan karena kecewa dengan dirinya.

Pernyataan itu ia sampaikan kepada salah satu jurnalis NBC News, Dylan Byers melalui surel dan diunggah Byers ke akun Twitter pribadinya pada Selasa (2/7).

Di dalam surel itu, Cook menuliskan, "Ceritanya tidak jelas. Banyak laporan dan tentu saja kesimpulannya tidak sesuai dengan kenyataan. Berita yang beredar malah menunjukkan kurangnya pemahaman bagaimana tim desain bekerja dan bagaimana Apple bekerja."


Lebih lanjut Cook mengatakan, seluruh tim desain Apple sangat berbakat. Lalu ia pun yakin di bawah kepemimpinan para ketua tim desain yang baru, perusahaan akan semakin berkembang.

Selain itu, Cook juga menegaskan bahwa pihaknya lebih tahu terkait alasan Ive meninggalkan Apple dan tim desain Apple menurut Cook tengah mengerjakan proyek perangkat terbaru yang akan membuat pelanggan terpesona.

Dilansir CNBC, portal berita The Wall Street Journal memberitakan pertama kali alasan Ive "angkat kaki" dari Apple. Mereka mengungkapkan bahwa hubungan antara Ive dan Cook disebut tidak sebaik hubungan Ive dengan pendiri Apple sebelumnya yakni Steve Jobs.

Pria asal Inggris tersebut kabarnya semakin merasa tertekan lantaran Cook tidak peduli dengan proses desain dan pengembangan produk. Berbeda dengan Jobs, Cook lebih fokus pada aspek mengejar pendapatan.

Setelah Apple Watch dirilis tahun 2015, menurut WSJ, Ive mengatakan kepada Cook bahwa dia ingin mengurangi tanggung jawab manajemen hariannya dan Ive telah memberi tahu sejumlah karyawan Apple ia tengah memikirkan untuk meninggalkan Apple.

Awal kekecewaan Ive kepada Cook, disebut saat Cook mengumumkan jabatan baru Ive sebagai Chief Design Officer tahun 2015 dan memberikan tugas jauh lebih berat yang menurut tim desain Apple, mengecewakan.

Ive mengumumkan kepergiannya dalam sebuah wawancara dengan Financial Times pada Jumat (28/6). Dia mengatakan saat ini tengah memulai bisnis desain baru yakni LoveFrom dan Apple akan menjadi klien pertamanya.
(din/eks)