7 Bulan Usai Thailand, Triton Baru Meluncur di Indonesia

fea, CNN Indonesia | Selasa, 02/07/2019 16:08 WIB
7 Bulan Usai Thailand, Triton Baru Meluncur di Indonesia Mitsubishi Triton terbaru kini punya bahasa desain 'Dynamic Shield'. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi memperkenalkan desain baru pikap Triton di Jakarta, Selasa (2/7). Peluncuran ini dilakukan tujuh bulan setelah debut perdananya dilakukan di Bangkok, Thailand, pada 9 November 2018.

Pada tahun lalu, Triton telah genap berusia 40 tahun. Sejauh ini, menurut catatan Mitsubishi, Triton yang juga punya nama lain L200 telah diproduksi sebanyak 4,9 juta unit. Saat ini produksinya dilakukan di pabrik Mitsubishi di Laem Chabang, Thailand.

Wajah baru Triton dipresentasikan penggunaan bahasa desain 'Dynamic Shield' yang menggambarkan visual imajiner 'X'. Desain ini, dengan elemen rancang lampu besar di tepi bemper sementara DRL di bagian atas dekat kap mesin, sudah digunakan pada Pajero Sport dan Xpander di dalam negeri.


Menurut pernyataan Koichi Namiki, Program Director Mitsubishi Motors, Triton telah mendapatkan penguatan sasis dan mesin. Pengujiannya dikatakan lebih berat ketimbang mobil penumpang biasa dan sebagian dilakukan di Indonesia.

New Triton juga mendapatkan perubahan pada sistem 4WD, yaitu tambahan dua fitur baru, off road mode dan Hill Decent Control (HDC). Off road mode digunakan pengemudi untuk memaksimalkan traksi dan parameter kontrol stabilitas sesuai kondisi medan sedangkan HDC guna menjaga kecepatan saat menjalani turunan.

Penggantian pilihan sistem gerak kini dilakukan oleh tombol putar, sementara pada varian terendah tetap menggunakan tuas. Pilihan ini juga bisa dijumpai di Pajero Sport 4WD.

"Kami sudah melakukan pengujian tambahan, 100 ribu km pada sistem transfer 4WD yang dilakukan di Kalimantan, Sumatera, dan Papua," ucap Namiki.

Desain baru Triton juga ditandai dengan bertambahnya banyak fitur keamanan, yakni tujuh airbag, Forward Collision Mitigation System (FCM), Blind Spot Warning dan Lane Change Assist, Rear Cross Traffic Alert, Automatic High Beam, serta Multi-around View Monitor.

Selain itu, New Triton juga menggunakan mesin baru diesel 4N15 2.400 cc bertenaga 181 PS (178,5 tenaga kuda) untuk menggantikan mesin lama 4D56 2.500 cc. Ada tiga pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan, manual 6-percepatan, dan otomatis 6-percepatan.

Triton generasi terbaru ditawarkan dalam dua pilihan bodi, yaitu kabin tunggal dan kabin ganda. Sistem gerak ada dua yang bisa dipilih konsumen, yakni 2WD roda belakang dan 4WD.

Naoya Nakamura, Presiden Direktur MMKSI, menjelaskan, Triton pertama kali meluncur pada 2002 di Indonesia. Sepanjang 17 tahun perjalanannya, Triton sudah terjual lebih dari 80 ribu unit.

"Dengan peluncuran Triton di Indonesia kami ingin menyumbangkan penjualan untuk global sehingga bisa mencapai 5 juta unit," kata Nakamura.

New Triton yang diimpor dari Thailand ditawarkan enam varian dan kini tidak ada lagi varian Triton Athlete. Berikut daftar harga New Triton:
1. Ultimate A/T Double Cabin 4WD Rp480,5 juta
2. Exceed M/T Double Cabin 4WD Rp453 juta
3. GLS M/T Double Cabin 4WD Rp419 juta
4. HDX M/T Double Cabin 4WD Rp395,5 juta
5. HDX M/T Single Cabin 4WD Rp338 juta
6. GLX HR M/T Single Cabin 2WD Rp250,5 juta

Triton bakal menyapa publik di Gaikindo Indonesia International Auto Show yang akan dibuka pada 18 Juli 2019. Pada momen GIIAS, Triton sudah bisa dipesan namun pengiriman unit akan dilakukan pada September 2019. (fea)