GIIAS 2019

Jokowi dan Sejumlah Menteri Dijadwalkan Buka GIIAS 2019

ray, CNN Indonesia | Selasa, 02/07/2019 19:08 WIB
Jokowi dan Sejumlah Menteri Dijadwalkan Buka GIIAS 2019 Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengunjungi pameran otomotif GIIAS 2018. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 akan digelar pada 18-28 Juli di ICE BSD, Tangerang. Sejumlah pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan bakal membuka gelaran otomotif terbesar di Indonesia itu.

Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi mengatakan Presiden Jokowi bakal didampingi oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Jadi pembukaan GIIAS Pak Jokowi sudah konfirmasi hadir," kata Nangoi di bilangan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (2/7).


Nangoi menjelaskan GIIAS 2019 akan terasa spesial karena tetap mengutamakan peran edukasi terhadap pengunjung. Menurut dia GIIAS tidak hanya menjadi tolak ukur industri otomotif lokal, melainkan juga pusat informasi tentang teknologi canggih yang berkaitan dengan mobil-mobil masa depan.

Terdapat area khusus untuk memamerkan hal itu yang dinamakan 'Beyond Mobility Area'. Area tersebut sudah ada sejak GIIAS 2018. Di Beyond Mobility Area peserta pameran akan menampilkan teknologi otomotif yang bisa dan bisa dilihat, serta dibuktikan langsung kelebihannya.

Adapun teknologi yang terdapat pada area itu antaranya plug-in hybrid, electric vehicle, dan juga berbagai fitur teknologi dari merek-merek kendaraan penumpang.

GIIAS 2019 juga akan memperkenalkan fitur teknologi semi-otonom, driving assistant yang dapat membantu pengemudi untuk melakukan manuver ketika ruang terbatas. Ada sejumlah fitur teknologi baru yang akan hadir di Beyond Mobility Area yang masih dirahasiakan.

"Pada GIIAS kali ini pastikan untuk mendapatkan experience langsung di area beyond mobility yang akan memperkenalkan update teknologi otomotif," ungkap Ketua III Gaikindo Rizwan Alamsjah.

Total ada 20 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, JEEP, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling yang ikut dalam pameran tahun ini.

Selain itu 10 merek kendaraan komersial dan karoseri, yaKni DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Trucks, dari karoseri akan hadir Adi Putro, Laksana, dan Tentrem.

Sedangkan untuk merek sepeda motor yaitu Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar.

"Selain puluhan kendaraan baru dan konsep yang diperkenalkan, termasuk juga diantaranya world premiere, peserta juga akan pamer teknologi baru di tahun ini," ujar Rizwan. (ryh/mik)