Rudiantara Bidik Investasi Arab Saudi untuk Unicorn Baru

CNN Indonesia | Kamis, 04/07/2019 07:20 WIB
Rudiantara Bidik Investasi Arab Saudi untuk Unicorn Baru Menkominfo Rudiantara. (Foto: CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menjalin kerja sama dengan mendorong investasi Arab Saudi untuk pengembangan unicorn baru di Indonesia.

Kerja sama ini dilakukan untuk mendorong visi Arab Saudi untuk memperkuat pengembangan sektor industri non-minyak di tahun 2030. Di sisi lain, kerja sama ini juga bertujuan mendorong visi Indonesia menjadi energi digial Asia pada 2020.

"Pengembangan kerja sama akan melibatkan dua unicorn: Traveloka dan Tokopedia. Mereka secara khusus datang untuk berbagi pengalaman secara langsung dengan pemerintah Arab Saudi", ungkap Rudiantara melalui keterangan resmi.


Selain membidik investasi di bidang startup, kolaborasi digital antara kedua negara juga mencakup pertukaran informasi, pengalaman, dan pengetahuan oleh ahli. Penetrasi produk atau teknologi digital Indonesia ke Arab Saudi.

Dalam pertemuan tersebut kedua negara juga sepakat melakukan kolaborasi digital termasuk Umrah Digital Enterprise, pengembangan 1.000 inovasi digital, dan pembentukan Satgas Digital.

Dalam waktu dekat, NextICorn juga akan melakukan roadshow ke Arab Saudi dengan membawa sejumlah startup Indonesia yang paling berpotensi untuk mendapatkan investasi.

"Kominfo akan menggandeng sebanyak mungkin wirausahawan muda, pelaku industri startup dan UKM terpilih untuk berpartisipasi dalam kerja sama selama 5 tahun ke depan," ucapnya.