BPPT: Hujan Buatan Solusi Jangka Pendek Polusi Udara Jakarta

CNN Indonesia | Sabtu, 06/07/2019 11:00 WIB
BPPT: Hujan Buatan Solusi Jangka Pendek Polusi Udara Jakarta Ilustrasi (CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- BPPT (Badan Pengkajian Penerapan Teknologi) menyebut hujan buatan adalah solusi jangka pendek terhadap masalah polusi udara di DKI Jakarta. Hal ini diungkap Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) Tri Handoko Seto.

Menurutnya, bukti TMC adalah solusi jangka pendek terkait dengan penggunaan teknologi ini dalam beberapa bencana kebakaran hutan, lahan, dan meminimalisir kabut asap. Misal seperti dilakukan pada kebakaran di Sumatera Selatan, Riau, dan Kalimantan.

Lebih lanjut Seto menyebut Anies tak hanya menginginkan solusi jangka pendek, tapi juga ingin menyiapkan solusi jangka panjang yang matang.


"Pak Anies menginginkan solusi terhadap polusi udara yang matang untuk jangka panjang. Sedangkan kan TMC sudah matang untuk jangka pendek, seperti mengatasi kebakaran hutan dan lahan, sebagai upaya mitigasi bencana," tutur Seto dalam keterangan resmi, Jumat (5/7).

Seto mengatakan BPPT berniat membantu Pemprov DKI Jakarta untuk menjelaskan kepada masyarakat agar tidak resah.

"Karena TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca) untuk polusi udara baru pertama kali diadakan, kita rilis sebagai upaya kita membantu DKI menjelaskan kepada masyarakat supaya tidak resah," kata Seto.

Terkait periode penerapan TMC yang disebutkan sebelumnya, Seto menyebut bahwa itu adalah hasil rapat tim Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) BPPT dengan Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI.

"Itu hasil rapat. Sesuai yang disampaikan pihak DKI. Karena DKI butuh cepat. DKI dalam hal ini diwakili oleh TGUPP minta TMC dilakukan sebelum tanggal 15 di mana tanggal itu anak-anak sudah mulai masuk sekolah, dan kita siap," ungkapnya.

Lebih lanjut Seto meyakini Pemprov DKI pasti menginginkan solusi teknologi yang terbaik sebagai langkah mitigasi terhadap masalah polusi udara. Seto mengatakan BPPT siap mendukung seluruh Pemda untuk menerapkan TMC.

"Prinsipnya, kami BPPT selalu siap mendukung DKI dan seluruh pemda, serta memberikan layanan teknologi modifikasi cuaca untuk berbagai tujuan kesejahteraan masyarakat, termasuk mengurangi polusi udara yang dapat membahayakan warga," kata Seto.

Seto menyebut pihaknya selalu bersemangat menjadi yang terbaik untuk memberikan layanan teknologi terbaik untuk mengatasi polusi udara di Jakarta. (jnp/eks)