Tips Otomotif

'Punya Garasi Tak Semudah Beli Mobil'

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Sabtu, 06/07/2019 14:13 WIB
'Punya Garasi Tak Semudah Beli Mobil' Jalanan yang jadi lahan parkir bisa menimbulkan masalah sosial. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak pilihan murah, mudah diakses, dan tersedia beragam paket cicilan pas di kantong sanggup mendorong seseorang membeli mobil. Namun, setelah mobil sampai di rumah ternyata bikin masalah karena ternyata tak sadar tidak punya garasi atau ruang parkir.

Cerita itu mungkin terjadi pada banyak orang, dampaknya mobil jadi parkir di sembarang tempat. Misalnya, di jalan umum depan rumah hingga bikin orang lain susah, atau parkir di lokasi jauh dari tempat tinggal yang malah bikin 'deg-degan' soal keamanannya.

Buat orang-orang yang sudah terlanjur beli mobil namun tak punya lahan parkir berikut alternatifnya:


Menyewa Lahan Parkir

Kita bisa memanfaatkan lahan parkir yang disewakan untuk tempat menyimpan mobil. Di kota-kota besar sudah banyak pihak yang menjalankan bisnis penyewaan parkir, namun sebelum memilih pastikan lokasinya aman dan keamanannya dijamin penyewa.

Menyewa lahan parkir memang bikin pengeluaran bertambah, namun konsekuensi ini harus dipahami bila tidak punya garasi. Setidaknya di lokasi ini mobil lebih aman dan tidak mengganggu masyarakat terutama pengguna jalan lainnya.

Memanfaatkan Lapangan

Lapangan di sekitar rumah sebetulnya bisa 'disulap' menjadi lahan parkir. Kini banyak pemukiman memanfaatkan lapangan sebagai tempat parkir mobil warganya.

Namun, cara ini harus dipastikan tidak melanggar peraturan apapun dan harus melalui persetujuan warga. Mengingat lapangan atau area publik biasanya digunakan untuk aktivitas warga, parkir mobil bisa jadi hanya diizinkan pada waktu tertentu, misalnya dari malam ke pagi hari.

Lahan Parkir Perkantoran

Banyak area perkantoran memiliki lahan parkir cukup luas. Jika kediaman kita dekat dengan perkantoran, cobalah sewa atau titipkan mobil di sana, sebab jika sudah di luar jam kerja lokasi parkir itu akan kosong.

Mengutip situs resmi Daihatsu Indonesia, lahan parkir perkantoran hanya cocok buat yang beraktifitas rutin setiap hari menggunakan mobil. Sebab pada pagi hari lahan parkir bakal digunakan para pekerja kantor.

Renovasi Rumah

Renovasi rumah hingga punya garasi memang butuh biaya besar, namun lokasi paling aman untuk parkir memang di garasi sendiri.

Sebelum membeli mobil sudah sewajarnya memikirkan lokasi parkir. Garasi dianggap lebih baik sebab selain lebih hemat dan aman dari upaya pencurian juga menjaga mobil lebih awet karena terlindungi dari sengat matahari dan hujan. (ryh/fea)