Mazda3 Baru Mendarat di Indonesia, Bidik Honda Civic

fea, CNN Indonesia | Selasa, 09/07/2019 14:08 WIB
Mazda3 Baru Mendarat di Indonesia, Bidik Honda Civic Mazda3 baru rencananya bakal dijual di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan dibuka pada 18 Juli 2019. (Foto: Mazda)
Bogor, CNN Indonesia -- Menyusul Filipina dan Malaysia, Mazda di Indonesia memastikan diri bakal meluncurkan generasi baru Mazda3. Model pertama generasi ketujuh dari seluruh desain Mazda ini sudah diperkenalkan ke hadapan media di Jakarta, pada Senin (8/7).

Generasi keenam Mazda3 telah diperkenalkan dan dijual di Indonesia sejak Agustus 2017. Pemegang merek Mazda di dalam negeri, Eurokars Motor Indonesia, hanya menawarkan satu pilihan bodi yaitu hatchback.

Presiden Direktur EMI Roy Arman Arfandy menjelaskan, generasi ketujuh Mazda3 kini punya dua pilihan bodi, yaitu hatchback dan sedan. EMI sekarang menawarkan alternatif sedan yang lebih murah ketimbang Mazda6.


"Kami lihat Mazda3 ini memang dari sisi desain juga lebih bagus dari Mazda3 yang lama makanya kami berani bawa sedannya. Karena kami yakin fitur-fitur dan desainnya yang sangat stylish ini kira-kira akan punya pasar yang bisa diambil masyarakat Indonesia," kata Roy.

Hatchback dikatakan menyasar segmen konsumen menengah yang berjiwa muda, sedangkan sedan ditujukan ke konsumen yang lebih dewasa, pegawai kantoran, atau untuk kebutuhan formal.

Product Planner EMI, Kenny Wala menjelaskan bahwa Mazda3 dirancang menggunakan arsitektur Skyactiv yang baru. Eksteriornya tetap memakai bahasa desain Kodo dengan berbagai elemen baru, seperti pada desain lampu-lampu dan tambahan fitur modern seperti radar di bagian emblem Mazda.

Di kabin, interior dibuat mengarah ke pengemudi. Desain baru terlihat pada dasbor, monitor tengah 8,8 inci, sistem audio, konsol tengah, trim, 8 pengaturan elektronik jok sopir, kemudi, dan armrest.

Mesin all-new Mazda3 tetap memakai Skyactiv-G 2.000 cc bertenaga 153 tenaga kuda dan 200 Nm berikut transmisi otomatis 6-percepatan. Namun Kenny mengatakan mesin itu mengalami pembaruan pada intake port dan bentuk piston, split fuel injection, dan katup pendingin untuk menghasilkan performa dan efisiensi bahan bakar.

Mazda3 kini mengadopsi G-Vectoring Control Plus, pembaruan dari fitur sebelumnya G-Vectoring Control. Selain itu, paket i-Activesenes dilengkapi fitur baru: Mazda Radar Cruise Control (MRRC) yang dilengkapi Distance Recognition Support System (DRSS).

Kenny mengatakan generasi ketujuh mengarahkan mobil-mobil Mazda menjadi lebih premium. Pengembangan ini bisa membuat mobil Mazda semakin jauh meninggalkan persaingan dengan merek Jepang lain dan mendekat ke merek Eropa.

Mazda3 di dalam negeri bersaing dengan Honda Civic hatchback, namun di tatanan global persaingannya membidik Volkswagen Golf dan Audi A3.

Generasi baru Mazda3 rencananya bakal dijual di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan dibuka pada 18 Juli 2019.

Roy mengatakan buat konsumen yang berminat bisa melakukan pemesanan mobil impor Jepang ini sekarang, namun dia mengingatkan harga jual resmi saat ini belum diumumkan dan akan dilakukan di GIIAS 2019.

Pada model generasi sebelumnya, EMI menjual Mazda3 seharga Rp432,3 juta. Banderol Mazda3 berada di atas Mazda2, setara CX-3, dan di bawah CX-5. (fea/mik)