Generasi Baru Mazda3 Dilirik Jadi Mobil Dinas Kepolisian

fea, CNN Indonesia | Rabu, 10/07/2019 19:02 WIB
Generasi Baru Mazda3 Dilirik Jadi Mobil Dinas Kepolisian Mazda3 hatchback dan sedan. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengatakan pihak kepolisian kemungkinan bakal menggunakan generasi baru Mazda 3 yang baru saja diperkenalkan ke hadapan media di Jakarta, Senin (8/7). Presiden Direktur EMI Roy Arman Arfandy menjelaskan 'ada ketertarikan' yang sudah dinyatakan pihak kepolisian.

"Sudah tertarik dengan model baru Mazda3," kata Roy saat ditemui di Jakarta.

Menurut Roy, kepolisian sebenarnya sudah memesan 100 unit Mazda3 namun pesanan itu disebut untuk generasi lama yang cuma tersedia varian hatchback. Pada generasi baru Mazda3, EMI menawarkan varian hatchback dan sedan.


Roy belum bisa mengatakan apakah pihak kepolisian akan berminat memesan sedan atau hatchback. Meski begitu dia menjelaskan Mazda3 cocok buat perwira menengah kepolisian.

Roy juga bilang Mazda3 buat kepolisian berbeda dengan unit yang dijual untuk umum. Dia tidak menjelaskan spesifik, namun Mazda3 yang sudah dipesan polisi dikatakan 'varian terendah'.

Selama ini Mazda Indonesia diketahui menyuplai mobil-mobil buat kepolisian. Salah satu model yang sering kedapatan di jalanan yaitu Mazda6 yang umumnya terlihat menggunakan seragam patroli lalu lintas.

Selain buat Patroli dan Pengawalan (Patwal), Mazda6 juga pernah disebut Roy digunakan untuk pejabat kepolisian berpangkat jendral bintang satu atau dua.

Sejauh ini EMI belum mengumumkan harga resmi generasi ketujuh Mazda3, Roy bilang banderolnya bakal dirilis saat diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 18 Juli 2019.

Saat ini Mazda3 hatchback dijual Rp432,3 juta untuk varian standar dan Rp456,3 juta buat varian Mazda Speed. Ditimang dari 'varian terendah' serta dibeli tanpa PPNBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah), kemungkinan harga buat pihak kepolisian tidak sampai semahal itu. (fea)


BACA JUGA