Alasan Mazda Berani Letakkan 3 di Jepitan Civic dan Corolla

fea, CNN Indonesia | Selasa, 09/07/2019 20:40 WIB
Alasan Mazda Berani Letakkan 3 di Jepitan Civic dan Corolla Mazda 3 sedan. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setidaknya ada dua perspektif umum yang dipahami mengapa banyak merek di Indonesia malas jualan sedan, yaitu pembelinya sedikit dan harga jualnya kemahalan karena beban pajaknya tinggi. Meski sudah dipahami demikian tidak menyurutkan nyali pemegang merek Mazda, Eurokars Motor Indonesia (EMI), untuk memperkenalkan sedan terbaru 3.

EMI telah mengungkap bakal meluncurkan generasi baru 3 di Indonesia pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Beda dari generasi 3 sebelumnya yang hanya punya pilihan bodi hatchback, kini EMI akan menambah varian sedan.

Presiden Direktur EMI Roy Arfandy mengatakan keberanian pihaknya menambah varian sedan 3 sebab dinilai model ini punya spesifikasi yang sanggup bersaing dan menggoda konsumen. Dia yakin konsumen hatchback dan sedan 3 punya karakter berbeda.


Ditimang kasat mata pada dasarnya sedan 3 merupakan versi hatchback yang ditambahkan ruang bagasi terpisah di belakang. Buat yang belum terbiasa, Anda akan sulit membedakan keduanya bila dipandang dari wajahnya saja.

Keduanya berbagi berbagai komponen yang sama kecuali beberapa detail tertentu. Pembeda antara hatchback dan sedan di antaranya terletak pada gril, bemper depan, lampu belakang, dan pelapis jok.

"Kita lihat All New Mazda 3 ini memang dari sisi desain juga lebih bagus dari Mazda 3 yang lama. Makanya kami berani bawa sedannya," ucap Roy di Jakarta, Senin (8/7).

Roy mengatakan hatchback dan sedan punya dua basis konsumen yang lain. Hatchback disebut desainnya menjunjung sporty jadi ditujukan untuk konsumen menengah berjiwa muda, sedangkan sedan buat konsumen yang lebih dewasa seperti pegawai kantoran yang punya keluarga kecil.

Mobil yang diimpor utuh dari Jepang ini diperkirakan bisa laku 100 - 200 unit per bulan.

"Mungkin dominasi hatchback-nya akan lebih banyak dari sedannya. Karena sedan juga masih terpengaruh sama pajaknya ya," ujar Roy.

Alasan Mazda Berani Jualan Sedan di Himpitan Civic dan AltisMazda 3 sedan dan hatchback. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)

Saat ini EMI hanya menjual dua sedan, yaitu 6 dan MX-5. Bila sedan 3 datang maka posisinya menjadi sedan termurah Mazda di dalam negeri, menggantikan sedan 2 yang sudah tidak lagi dijual.

Banderol generasi baru 3 rencananya bakal diumumkan di GIIAS. Saat ini hatchback 3 dilego Rp430 jutaan.

"Harusnya harga enggak beda jauh dari Mazda sebelumnya. Pokoknya ini pasti berbeda dari kompetitor," kata Roy menjawab pertanyaan berapa harga sedan 3.

Sedan 3 bakal masuk di segmen sempit untuk bertarung dengan pemain lama, yakni Honda Civic (Rp507 juta) dan Toyota Corolla Altis (Rp441,5 juta - Rp476 juta). Selama Januari - Mei 2019, kedua model itu cuma sanggup membentuk pasar dengan penjualan 396 unit, terdiri dari Civic 269 unit dan Corolla 127 unit. (fea)