Ikan di Atlantik Berganti Kelamin Super Cepat, 10 Hari Saja

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 12/07/2019 10:41 WIB
Ikan di Atlantik Berganti Kelamin Super Cepat, 10 Hari Saja Ilustrasi (Istockphoto/Global_Pics)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi sebagian besar ikan, berganti kelamin adalah hal yang normal dalam hidupnya. Namun, para peneliti baru menemukan ternyata proses berganti kelamin itu cukup dilakukan selama 10 hari saja. Hal ini terjadi pada ikan bluehead wrasse.

Erica Todd dari Universitas Otago di Selandia Baru dan rekannya melakukan penelitian pada ikan bluehead wrasse di beberapa lokasi karang di Key Largo, Florida. Ikan kecil ini hidup berkelompok di terumbu karang. Mereka lantas menyingkirkan sebagian ikan-ikan jantan dari kerumunan ikan itu untuk mendorong ikan betina berganti kelamin.

"Ovarium mereka meluruh, testis mereka tumbuh dalam 10 hari, sangat gila," jelas Todd, seperti dikutip ABC.


Mereka lantas mengidentifikasi ikan betina yang berganti kelamin secara berkala dalam jangka waktu tertentu. Mereka juga mengamati perubahan tubuh ikan-ikan ini hingga ke tingkat genetik.

Temuan ini mengungkap hilangnya sejumlah ikan jantan dalam kerumunan itu membuat ikan betina stres. Mereka jadi lebih agresif dan mulai berperilaku seperti ikan jantan.

Individu yang dominan dalam suatu kelompok sosial, hormon betina mereka segera mati dalam satu dua hari. Bahkan, warna tubuh mereka ikut berganti. Ikan betina berwarna kuning dengan garis abu. Sementara ikan jantan berwarna hijau dan biru.

Di saat bersamaan, tisu yang memproduksi telur di ovarium ikan ini mengecil dan digantikan dengan tisu yang memproduksi sperma. Dalam 8 hingga 10 hari, ovarium mereka telah berganti menjadi testosteron. Mereka pun siap bergaul dengan ikan betina dan menghasilkan keturunan.

Pada hari ke-20 ikan ini pun telah berubah warna menjadi warna ikan jantan yang berwarna biru kehijauan dan proses transformasi pun selesai. Kecepatan ikan ini untuk beralih dari ikan betina menjadi ikan jantan tercatat sebagai yang tercepat.

"Kecepatan bluehead (berganti kelamin) sangat cepat," jelas Todd, seperti dilansir New Scientist. "Spesies lain membutuhkan waktu yang lebih lama."

Namun masa hidup ikan ini hanya sekitar dua hingga tiga tahun. Di dunia terdapat 500 spesies ikan yang bisa berganti kelamin. Kebanyakan ikan betina yang berganti jenis kelamin menjadi ikan jantan.
Bahkan spesies hawkfish di Jepang, tidak cuma bisa berganti kelamin menjadi jantan. Ia bisa kembali berganti kelamin jadi betina lagi. pada beberapa jenis ikan badut jantan bisa berubah menjadi betina.

Hal ini sudah lama diketahui. Tapi hal ini jadi makin populer setelah seorang peneliti membuat dokumenter yang menunjukkan bagaimana biri-biri betina di Asia bisa berganti jenis kelamin.

[Gambas:Video CNN] (eks/eks)


ARTIKEL TERKAIT