Cara Unik BMW Habiskan Stok Lama Seri 3

fea, CNN Indonesia | Sabtu, 13/07/2019 05:25 WIB
Cara Unik BMW Habiskan Stok Lama Seri 3 Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani
Jakarta, CNN Indonesia -- BMW Indonesia punya strategi unik buat melancarkan penjualan Seri 3 model lama, F30, saat generasi barunya, G20, dijanjikan mulai dijual di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dibuka pada 18 Juli.

Pada umumnya, Agen Pemegang Merek (APM) memilih meluncurkan model baru ketika stok model lamanya tinggal sedikit. Strategi itu dilakukan sebab dipahami bakalan sulit menjual model lama saat konsumen sudah disuguhkan model baru yang lebih baik dan modern.

Meski begitu, APM juga bisa punya hitung-hitungan sendiri tentang rasio aman stok model lama dengan model baru. Salah satu cara yang sering digunakan untuk 'membuang' model lama yaitu dengan menawarkan diskon besar ke konsumen.


Namun cara itu bukan satu-satunya. Tim penjualan BMW Indonesia membuat program yang arahnya ingin bikin F30 gampang dijual meski G20 sudah dirilis.

F30 atau generasi keenam Seri 3 telah meluncur di Indonesia pada 2012. Sekarang mobil ini ditawarkan dua varian basik, yaitu 320i Luxury Rp729 juta dan 330i M Sport Rp879 juta.

G20 atau generasi ketujuh Seri 3 sudah diperkenalkan ke hadapan media pada Rabu (10/7), namun hanya satu varian yang dipamerkan, yaitu 330i M Sport. Penjualannya bakal dimulai di pembukaan GIIAS pekan depan sementara varian 320i Luxury dijanjikan meluncur kemudian.

Ternyata BMW Indonesia punya niatan mengaitkan penjualan G20 320i Luxury dengan F30.

"Kami punya program trade-up, kami tahu bahwa banyak peminat di Seri 3 itu yang 320i dan kami belum punya barangnya. Nah, untuk menjembatani konsumen yang pingin banget naik G20 320i, kami akan kasih paket. Jadi pakai F30 sekarang, lalu setahun kemudian kami ganti jadi G20 320i," jelas Bayu Riyanto, Vice President Sales BMW Indonesia.

BMW Seri 3 generasi keenam. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
'Semua Senang'

Program itu hanya berlaku untuk pembelian angsuran alias kredit dan mulai ditawarkan di GIIAS 2019. Menurut Bayu, konsumen akan diberi beberapa pilihan paket cicilan.

Bayu menjelaskan, stok unit F30 masih tersisa 'banyak'. Dari kacamata penjualan program ini menguntungkan, BMW Indonesia jadi punya cara menghabiskan stok F30 sekaligus memastikan ada penjualan G20 320i Luxury pada tahun depan.

Di luar itu, program ini juga membantu divisi mobil bekas BMW Indonesia, yakni BMW Premium Selection. F30 yang sudah setahun dipakai konsumen kemungkinan besar menjadi pemasukan stok unit di BMW Premium Selection.

Sementara itu buat konsumen, program ini bisa jadi menguntungkan sebab kemungkinan besar F30 bakal dijual dengan diskon besar. Bayu bilang saat model lama seperti F30 dalam masa transisi, tentunya setiap APM akan menggunakan 'segala upaya' untuk mendorong mobil itu ke pasar.

"Kalau cari produk yang paling lengkap, paling banyak dapat support ya pasti produk yang akan berganti model," ucap Bayu.

Selain harga F30 bisa lebih murah, konsumen juga memiliki kepastian dapat nilai prestis dan up to date karena bakal memiliki G20 320i Luxury pada tahun depan yang tinggal 6 bulan lagi. Namun sementara itu jalan-jalan dulu naik F30.

"Program seperti ini mungkin ada di merek lain, tapi bukan premium. Status F30 nanti diambil dealer, lalu dealer akan memproses berikutnya lantas diberikan mobil baru G20. Ini semua senang kalau buat saya orang penjualan dapat dua kali jualan F30 dan G20," ucap Bayu. (fea)