Tokopedia Kenang Masa-masa Sulit Berburu Pegawai

CNN Indonesia | Rabu, 17/07/2019 07:47 WIB
Tokopedia Kenang Masa-masa Sulit Berburu Pegawai Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendiri Tokopedia Leontinus Alpha Edison mengisahkan kenangan pahit di awal pembangunan perusahaan yang didirikannya bersama William Tanuwijaya. Menurutnya, salah satu kenangan pahit adalah saat Tokopedia kesulitan mencari karyawan untuk direkrut.

Salah satu posisi yang menurutnya paling sulit dicari yakni software engineer. Leontinus mengatakan ia sampai merekrut teman yang hobi bermain gim daring untuk direkrut menjadi karyawan.

"Jangan tertawa ya, software engineer pertama kami itu teman kami main game online. Kenapa kita rekrut dia? Karena dia bisa cheat game, jadi sambil tidur pun dia main game bisa menang. Wah makanya saya dan William anggap jago nih orang," kata Leontinus dalam acara Selular Congress 2019, di Jakarta Selatan, Senin (15/7).


Disamping kesulitan mencari software engineer, ia juga menuturkan pihaknya kesulitan merekrut customer care.

Untuk mengatasi hal tersebut, ia mengaku kembali berpikir ulang untuk merekrut teman yang dianggap paling bawel dan ingin tahu banyak hal.

"Itu cara kita rekrut orang pertama buat perusahaan kita," ungkapnya.

Pertimbangan untuk merekrut orang-orang terdekat dilakukan lantaran selama pameran peluang kerja (job fair), booth Tokopedia kerap sepi peminat.

"Tidak ada tuh yang mampir ke booth kita setengah mati [mencari pegawai].  Padahal kita udah pilih spot yang paling bagus, kita hias booth kita paling bagus," tuturnya.

Kenangan pahit terkait perekrutan karyawan disebutnya juga dirasakan saat sesi wawancara pelamar. Ia mengenang ketika itu kantor Tokopedia belum memiliki gedung sendiri, tapi masih berupa ruko.

"Dulu waktu kita masih di ruko belum di gedung. Ada interview pelamar yang datang, begitu masuk duduk terus pamit sebentar ke mobil buat ambil CV yang ketinggalan. Tapi kok tidak balik lagi ya," kenangnya.

Berbanding terbalik, saat ini Leontinus mengaku tidak lagi kesulitan merekrut karyawan. Dalam satu kali pameran peluang kerja, Tokopedia bisa menerima lima ribu CV.

[Gambas:Video CNN] (jnp/evn)