FOTO: Uji Emisi Kendaraan Cegah Polusi Udara di Jakarta

Safir Makki, CNN Indonesia | Kamis, 18/07/2019 15:25 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Uji emisi kendaraan bermotor gratis digelar Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah DKI Jakarta di Jakarta, pada Rabu (17/7).

Kualitas udara di Jakarta setiap harinya dipengaruhi waktu masyarakat dalam menggunakan transportasi. Kualitas udara paling buruk terjadi saat jam-jam sibuk atau peak hour penggunaan transportasi, Jakarta, Rabu 17 Juli 2019. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah DKI Jakarta menggelar uji emisi kendaraan bermotor gratis di Lapangan Monumen Nasional, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu, 17 Juli 2019. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Untuk mobil keluaran tahun 2007 ke atas, kadar gas buangnya untuk CO harus di bawah 1,50. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pemantau kualitas udara global AirVisual menyatakan kualitas udara di DKI Jakarta pada Juni hingga awal Juli ini masuk dalam kategori tidak sehat. Berdasarkan data BMKG, sepanjang Juni hingga awal Juli kondisi udara di Jakarta mengindikasikan peningkatan konsentrasi partikel polutan. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Sementara untuk mobil keluaran 2007 ke bawah, ambang batas untuk CO berada di lebel 4,50 dan untuk HC 1.200 ppm. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Uji emisi ini dapat membantu dalam meminimalisasi dampak polusi udara di Jakarta serta memastikan kendaraan terawat sehingga karbon monoksida yang dikeluarkan tidak berlebihan. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Dinas Lingkungan Hidup (Dinas LH) DKI Jakarta mengimbau pemilik kendaraan bermotor untuk melakukan uji emisi setiap enam bulan sekali. Uji emisi ini sebagai bentuk kepedulian untuk mengurangi polusi udara. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Uji emisi pada kendaraan roda empat tak sampai lima menit. Usai uji emisi, pengendara memdapat kartu uji emisi. (CNNIndonesia/Safir Makki)