GIIAS 2019

Jatah Cuma 50 unit per Bulan, Inden Jimny Nyaris Setahun

fea, CNN Indonesia | Kamis, 18/07/2019 19:00 WIB
Jatah Cuma 50 unit per Bulan, Inden Jimny Nyaris Setahun Suzuki Jimny generasi keempat di GIIAS 2019. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Peminat generasi keempat Suzuki Jimny yang baru saja resmi diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) mesti bergerak super cepat bila ingin melakukan pemesanan. Saat ini Jimny statusnya inden hampir satu tahun.

Suzuki Indomobil Indonesia (SIS) mengakui masalah pada mobil impor Jimny adalah suplainya yang terbatas. Direktur Pemasaran SIS R4 Makmur mengatakan Indonesia hanya kebagian jatah sekitar 50 unit per bulan.

Menurut Makmur jatah itu merupakan apresiasi dari prinsipal Suzuki di Jepang karena Jimny sangat diterima baik di Indonesia.


"Kebetulan alokasi yang diterima kurang lebih 50 unit per bulan, tapi kami rutin mendapatkan itu. Tidak terbatas seperti periode sebelumnya. Jadi sudah menjadi lebih baik," kata Makmur saat peluncuran Jimny, Kamis (18/7).

Periode sebelumnya yang dimaksud Makmur adalah pada 2017 saat SIS menjual generasi ketiga Jimny yang hanya tersedia 88 unit. Mobil ini bahkan sudah ludes dipesan sebelum diluncurkan di GIIAS 2017.

Saat ini Jimny generasi keempat hanya diproduksi di Jepang lantas diekspor ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Makmur mengatakan permintaan global juga sudah sangat tinggi hingga inden mencapai satu tahun.

Keterbatasan suplai generasi keempat Jimny ke Indonesia membuat SIS mengambil sikap adil membagikan stok unit Jimny ke seluruh dealer Suzuki di Tanah Air. Makmur mengatakan diusahakan semua kebagian walau sedikit dan tidak terkonsentrasi di GIIAS saja.

"Kami usahakan semua kebagian walaupun sedikit jadi alokasi kami sudah berikan ke dealer. Bagi konsumen yang mau membeli baik di GIIAS ataupun di dealer harus mengecek dulu ketersediaan barang di dealer masing-masing. Kalau sampai sudah full, mau tidak mau menunggu sampai periode selanjutnya," ucap Makmur.

Di Indonesia SIS membuka periode pertama penjualan Jimny dari GIIAS hingga September. Pada periode ini kemungkinan jatah unit dealer diberikan pada konsumen yang sudah menyatakan pemesanan sebelumnya ke dealer.

Periode kedua, diungkap Makmur, sampai Mei 2020. Kemungkinan periode ini sebagian besar buat memenuhi pembelian sejak peluncuran di GIIAS 2019. (fea/fea)