Beda Astronaut, Kosmonaut, Taikonauts

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Minggu, 21/07/2019 10:58 WIB
Beda Astronaut, Kosmonaut, Taikonauts Ilustrasi (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Terdapat beberapa sebutan berbeda untuk pelaku misi ke luar angkasa, seperti astronaut, kosmonaut, dan taikonauts. Istilah ini berlaku untuk siapa saja yang melakukan perjalanan antariksa, apakah ilmuwan, politisi, turis, atau wartawan.

Berdasarkan ketentuan Federasi Aeronatika Internasional, seseorang yang berada di ketinggian 100 km disebut penerbang luar angkasa. Sementara di AS batasnya hanya 80 km.

Berikut beberapa sebutan untuk pelaku-pelaku misi tersebut.


Kosmonaut
 
Pelaku misi luar angkasa asal Uni Sovyet atau Rusia. Diambil dari bahasa Yunani cosmos yang berarti semesta dan nautes yang berarti pelaut.

Astronaut

Pelaku misi luar angkasa asal asal Amerika Serikat. Diambil dari kata astro yang berarti bintang. Istilah ini juga digunakan oleh European Space Agency (ESA).

Taikonaut

Pelaku misi luar angkasa asal asal China. Istilah ini kerap digunakan oleh media berbahasa Inggris yang diambil dari kata taikong yang berarti luar angkasa dalam bahasa China. Hingga saat ini China sudah mengirimkan 11 orang ke luar angkasa, serupa dengan Jerman, dan kalah tipis dari Jepang dengan 12 orang.

Spationaut 

Terkadang digunakan untuk menyebut penjelajah luar angkasa asal Perancis. Perancis sendiri telah memiliki 10 spationaut hingga saat ini. Nama ini diambil dari bahasa Latin spatium yang berarti luar angkasa.

Angkasawan
Istilah yang digunakan oleh pelaku dari Malaysia. Sejauh ini Malaysia sudah mengirimkan satu orang angkasawan ke ISS.

Vyomanauts
Pelaku misi luar angkasa asal asal India. Diambil dari bahasa Sansekerta vyoman yang berarti angkasa.

Sisunautti
Istilah yang kerap digunakan untuk menjelaskan penjelajah asal Finlandia.

Belakangan, NASA dan Roscosmos (badan luar angkasa Rusia) sepakat untuk membuat istilah baru bagi penumpang pesawat ruang angkasa.

Istilah ini ditujukan bagi para turis luar angkasa. Sehingga mereka bisa dibedakan dengan astronaut profesional yang dikerjakan oleh kedua agensi ini. Pembedaan ini dilakukan terkait dengan meningkatnya jumlah turis antariksa. (eks)