Produksi Lokal Hyundai H-1 Berpeluang Digeser ke Pabrik Baru

fea, CNN Indonesia | Senin, 22/07/2019 09:37 WIB
Hyundai Mobil Indonesia bicara kemungkinan satu-satunya model produksi lokal saat ini, H-1, bakal dipindah ke pabrik baru. Hyundai H-1. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- MPV bongsor Hyundai H-1 yang diproduksi di Indonesia saat ini dipastikan tetap berjalan hingga pabrik baru dari prinsipal berdiri. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) bicara kemungkinan rencana ke depan generasi baru H-1 bakal dipindah ke pabrik baru.

Saat ini generasi kedua H-1 dirakit di pabrik HMI yang berada di Pondok Ungu, Bekasi. Perakitan ini, yang dilakukan secara Completely Knock Down (CKD), telah dilakukan sejak 2009.

Pabrik baru Hyundai dikatakan Kementerian Perindustrian bakal mulai beroperasi pada 2021. Pabrik ini merupakan hasil komitmen Hyundai Motor Company yang sudah mengatakan bakal menginvetasikan dana triliunan rupiah di dalam negeri.


Pabrik itu dikabarkan bakal mulai berdiri pada 2021. Berbeda dari pabrik H-1 yang CKD, pabrik baru ini disebut melakukan operasi 'full manufacturing'. Empat model dikatakan bakal diproduksi dengan orientasi ekspor, yaitu MPV, SUV, hatchback, dan mobil listrik.

"H-1 sebenarnya tidak akan selesai sampai di sini, akan ada penerusnya. Generasi baru. Bisa jadi (diproduksi di pabrik baru), tetapi H-1 akan tetap diproduksi di Bekasi sejauh ini," ucap Deputy Marketing Director HMI Hendrik Wiradjaja, Kamis (18/7).

Indonesia merupakan basis produksi H-1 untuk penjualan domestik dan ekspor. Negara yang menerima pengapalan H-1 dari dalam negeri di antaranya Thailand, Brunei Darussalam, dan Bhutan.

Menurut Hendrik, Hyundai Motor Company bakal mengumumkan informasi terkait investasi pada Agustus. Dia mengatakan pengumuman itu disarankan HMI dilakukan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), namun belum siap jadi tidak memungkinkan. (fea)