Direktur Penerbangan Pertama NASA Tutup Usia

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 23/07/2019 19:54 WIB
Direktur Penerbangan Pertama NASA Tutup Usia Ilustrasi. (REUTERS/James Lawler Duggan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Penerbangan pertama NASA Chris Kraft meninggal dunia pada usia 95 tahun. Kraft meninggal hanya selang beberapa hari setelah perayaan peringatan 50 tahun pendaratan manusia pertama di Bulan.

Dilansir dari AFP, laki-laki berusia 95 tahun itu bergabung dengan NASA pada 1958. Dia mengembangkan proses perencanaan dan kontrol yang diperlukan untuk misi luar angkasa awak, menciptakan operasi-operasi kontrol misi agensi yang digunakan untuk mengelola pesawat luar angkasa berawak pertama AS dan misi Apollo ke Bulan.

"Amerika benar-benar kehilangan harta nasional hari ini dengan meninggalnya salah satu perintis paling awal NASA," kata kepala agen Jim Bridenstine dalam pernyataan yang mengumumkan kematian Kraft, Senin.
"Chris adalah salah satu anggota tim inti yang membantu negara kita menempatkan manusia di luar angkasa dan di Bulan dan warisannya tak terukur."


Di Houston, di mana misi Apollo dilakukan, ribuan penggemar ruang angkasa mendatangi NASA Johnson Space Center untuk merayakan ulang tahun, dan menyaksikan layar raksasa yang memutar ulang momen ikonik sebelum kembang api menerangi langit.

Peristiwa yang menandai peringatan itu telah menghidupkan kembali antusiasme publik untuk penerbangan luar angkasa awak, saat NASA memetakan misi baru ke Bulan dan ke Mars. (age/age)