Tokopedia Klaim Transaksi Per Bulan Rp14 T

CNN Indonesia | Senin, 29/07/2019 16:05 WIB
Tokopedia Klaim Transaksi Per Bulan Rp14 T Ilustrasi (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Tokopedia William Tanuwijaya menyebut di e-commerce disebut telah mencapai 14 triliun per bulan atau US$1 miliar. Transaksi ini disebut William telah menyumbang 1 persen dari nilai ekonomi PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia.

"Transaksi Tokopedia per bulan sudah lebih dari 1 miliar USD. Sementara kalau ekonomi Indonesia 'kan 1 triliun USD. Jadi per bulannya kalau 1 miliar USD itu berarti sudah lebih dari 1 persen," tuturnya, ketika ditemui usai pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (29/7).

Dalam kesempatan yang sama SoftBank menyebut pihaknya akan meningkatkan investasi mereka di Tokopedia.


"Tokped juga sangat penting, kami akan meningkatkan investasi kami ke Tokped dan membantu tumbuh," jelas Masayoshi Son
Chief Executive Officer SoftBank kepada wartawan.

Sebab, menurutnya saat ini Tokopedia telah tumbuh dan berhasil meraih 1 persen PDB Indonesia.

"Lebih banyak e-commerce dan lebih banyak pedagang berarti lebih baik untuk ekonomi dan menciptakan lebih banyak pekerjaan," tambahnya.

Sebelumnya, William sempat mengungkap kalau investasi yang diumumkan akhir tahun lalu akan digunakan untuk mengembangkan kecerdasan buatan lewat gudang pintar.

Dengan gudang pintar ini, Tokopedia bisa memberikan prediksi permintaan bagi pedagang di platformnya. Sehingga, pedagang bisa memprediksi stok produk di gudang yang disediakan Tokopedia dengan lebih baik. Cara ini juga bisa menurunkan biaya kirim bagi pembeli. (fra/eks)