Populasi Harimau India di Alam Liar Kini 3.000 Ekor

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 31/07/2019 06:50 WIB
Laporan terbaru bertajuk All India Tiger Estimation Report 2018 mencatat populasi harimau India di alam liar kini mencapai 3.000 ekor. Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Maulana Surya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Laporan terbaru bertajuk All India Tiger Estimation Report 2018 mencatat populasi harimau India di alam liar kini mencapai 3.000 ekor. Jumlah ini meningkat lebih dari 30 persen dalam empat tahun terakhir sejak spesies harimau masuk kategori terancam punah.

Empat tahun sebelumnya, sensus yang sama mencatat harimau di alam liar hanya tersisa 2.226 ekor. Sensus terbaru yang dilakukan menggunakan 26 ribu perangkap kamera yang merekam hampir 350 ribu gambar di seluruh habitat liar harimau.

Hasil gambar yang terekam kemudian dianalisis menggunakan program komputer untuk mengidentifikasi harimau secara individual. Disamping itu, para petugas margasatwa dan kehutanan dilaporkan turut menjelajahi habitat harimau seluas 380 ribu kilometer persegi di India.


"Sekitar 15 tahun yang lalu, ada kekhawatiran serius tentang penurunan populasi harimau di alam liar. Itu adalah tantangan besar bagi kami tetapi dengan tekad, kami telah mencapai tujuan kami," ungkap Perdana Menteri Narendra Modi seperti dilansir AFP.

Meningkatnya jumlah populasi harimau India menjadi harapan baru setelah sempat mencatatkan rekor terendah dengan 1.411 pada 2006. Jumlah tersebut menurun drastis dibandingkan periode 2002 sebanyak 3.700 ekor yang diperkirakan menghuni alam liar India.

Padahal sejak merdeka dari cengkeraman Inggris pada 1947, diyakini ada sekitar 40 ribu harimau menghuni alam liar India.

Pemerintah India berupa meningkatkan manajemen predator, termasuk pemburu liar yang kerap menjual bagian tubuh harimau, dengan menyediakan 50 habitat di alam liar. 50 habitat ini tersebar dari kaki bukit Himalaya di timur laut hingga bagian barat dan tengah India.

Upaya mengembalikan populasi harimau di alam liar kembali menemukan tantangan ketika frekuensi konflik dengan manusia tak terhindarkan.

Sepanjan 2019 pemerintah India mencatat lebih dari 60 harimau telah mati atau terbunuh. Tahun lalu pemerintah India mencatat seekor harimau membunuh 30 orang lantaran habitatnya bergesekan dengan aktivitas sehari-hari manusia.

Sejumlah ahli mengatakan perlu edukasi dan meningkatkan kesadaran antara manusia dan habitat harimau di tingkat desa dan seluruh lembaga pemerintahan.

[Gambas:Video CNN] (evn/evn)