Nexmedia Ungkap Alasan Setop Layanan Mulai 1 September

CNN Indonesia | Selasa, 30/07/2019 16:33 WIB
Nexmedia Ungkap Alasan Setop Layanan Mulai 1 September Ilustrasi. (Foto: Pavlofox/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden direktur Nexmedia Junus Koswara mengungkap alasan layanan televisi berbayar hanya beroperasi hingga 31 Agustus 2019.

Junus mengatakan pihaknya telah melakukan konsolidasi terhadap sejumlah konten atau siaran berbayar Nexmedia ke dalam salah satu layanan OTT (over-the-top) yakni Vidio Premiere. Vidio Premiere sendiri merupakan anak perusahaan yang juga bernaung di bawah PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek).

"Jadi pada prinsipnya adalah kita memang memutuskan untuk mengkonsolidasikan dengan konten atau siaran berbayar kami sejak beberapa waktu yang lalu," kata Junus saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (30/7).


"Kita konsolidasi lah, perlu diketahui ada beberapa platform di mana kami juga sudah memperkenalkan layanan berbayar subscription melalui platform OTT [over-the-top] namanya Vidio Premiere," sambungnya.

Menyoal layanan over-the-top (OTT), layanan dengan konten berupa data, informasi atau multimedia yang berjalan melalui jaringan internet. OTT ini sifatnya "menumpang" karena beroperasi di atas jaringan internet milik sebuah operator telekomunikasi.

Dengan dipindahnya seluruh konten di dalam Nexmedia ke Vidio Premiere, Junus meyakini bahwa layanan OTT merupakan pilihan yang tepat guna memberikan berbagai layanan kepada pelanggan Nexmedia.

"Kami yakin bahwa OTT merupakan platform yang lebih tepat untuk memberikan berbagai layanan kepada pengguna dengan makin mudahnya akses layanan internet di seluruh Indonesia," pungkasnya.

PT Mediatama Anugerah Citra (Nexmedia) pada Senin (29/7) mengumumkan siaran televisi berbayar hingga 31 Agustus 2019. Nexmedia akan menghentikan siaran terhitung mulai 1 September 2019.

Buntut dari penghentian siaran itu, Nexmedia bakal memberikan layanan cuma-cuma. Pelanggan diperbolehkan menikmati saluran televisi Nexmedia dan NexDrive selama 1 bulan tanpa dipungut biaya.

[Gambas:Video CNN] (din/evn)


BACA JUGA