Ditolak Regulator, Uang Kripto Facebook Potensi Batal

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 31/07/2019 08:59 WIB
Ditolak Regulator, Uang Kripto Facebook Potensi Batal Ilustrasi. (REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Facebook menyatakan pihaknya kemungkinan tidak dapat meluncurkan uang kripto Libra pada 2020 mendatang. Sebab banyaknya tekanan dari anggota parlemen dan regulator Amerika terkait proyek ini.

"Libra telah mendapat pengawasan yang signifikan dari pemerintah dan regulator di berbagai yurisdiksi [wilayah atau daerah tempat berlakunya sebuah undang-undang yang berdasarkan hukum] dan kami berharap pengawasan itu akan berlanjut," kata perwakilan Facebook dikutip CNBC.

Sejak perusahaan mengumumkan Libra dan Calibra (anak perusahaan Facebook untuk mengelola uang kripto Libra) bulan lalu, Facebook telah menghadapi kritik dari pejabat publik AS maupun pejabat dari negara lain.
Bahkan David Marcus, salah seorang petinggi Calibra sempat memberikan kesaksian di hadapan Komite Perbankan Senat Amerika dan Komite Jasa Keuangan dan dihujani sejumlah pertanyaan terkait Libra.


Juru Bicara Facebook mengatakan kepada jurnalis CNBC bahwa pihaknya sangat terbuka untuk menjelaskan secara rinci cara kerja Libra.

"Kami tahu bahwa perjalanan untuk meluncurkan Libra akan panjang dan kami tidak bisa melakukan ini sendirian. Terlibat dengan regulator, pembuat kebijakan, dan para ahli sangat penting untuk kesuksesan Libra," tuturnya.
Pada kesempatan yang berbeda, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan perusahaan bakal menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan izin regulator sebelum meluncurkan proyek uang kripto Libra.

Dikutip CoinDesk, pendiri raksasa media sosial itu terus berusaha untuk meyakinkan investor bahwa Facebook akan sepenuhnya bertanggung jawab dengan proses pengembangan Libra.
[Gambas:Video CNN] (din/age)