Huawei Luncurkan Sistem Operasi Pengganti Android

CNN Indonesia | Jumat, 09/08/2019 18:25 WIB
Huawei Luncurkan Sistem Operasi Pengganti Android Ilustrasi (Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Huawei Technologies resmi meluncurkan sistem operasi yang digadang-gadang akan menggantikan Android, HarmonyOS atau disebut juga sebagai Hongmeng. Peluncuran ini dilakukan saat gelaran konferensi pengembang Huawei di Dongguan, China, Jumat (8/8).

CEO Divisi Konsumen Huawei Richard Yu mengatakan HarmonyOS dapat digunakan di berbagai perangkat, mulai dari ponsel pintar hingga speaker pintar. Dilansir CNBC, langkah itu merupakan bagian dari permainan Huawei untuk memainkan peran penting dalam Internet of Things (IoT).

Harmony OS akan dijajal pertama kali untuk produk televisi pintar milik perusahaan akhir tahun 2019. Pada tiga tahun kedepan, sistem operasi ini akan mulai disematkan pada perangkat lain.


"HarmonyOS yang termodulasi dapat digunakan secara fleksibel ke perangkat apa pun untuk menciptakan lintas perangkat yang mulus. Sistem operasi ini dikembangkan melalui sebuah perangkat untuk membangun fondasi ekosistem pengembang bersama," kata Yu dikutip Tech Crunch.

Lebih lanjut kata Yu, ketersediaan HarmonyOS untuk perangkat seluler bersifat open source. Sistem operasi itu hanya akan tersedia di China untuk saat ini. Kendati demikian, perusahaan juga memiliki rencana untuk membawa sistem operasi itu ke pasar global.

Sebelumnya, Huawei telah mendaftarkan hak cipta sistem operasi Harmony kepada Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO) pada 12 Juli 2019.

Forresters bertindak atas nama Huawei Technologies diketahui mendaftarkan paten untuk OS Harmony dan Hongmeng di Jerman.

Sebelumnya, CEO Huawei, Ren Zhengfei mengklaim jika sistem operasi yang dikembangkannya 60 persen lebih cepat dibandingkan Android dan lebih efisien dibandingkan MacOS kembangan Apple. (din/eks)