Operator Klaim Sinyal Seluler Tak Terganggu Gempa Banten

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 02/08/2019 22:08 WIB
Operator Klaim Sinyal Seluler Tak Terganggu Gempa Banten Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/ Hani Nur Fajrina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa bumi magnitudo 7,4 yang mengguncang Sumur, Banten turut dirasakan masyarakat di Bogor, Depok, Bekasi, Bandung, hingga Yogyakarta. Operator seluler menyebut akses komunikasi masyarakat tetap bisa menggunakan layanan seperti biasa.

Manager media relation Telkomsel, Singue Kilatmata mengatakan pihaknya masih melakukan inventarisasi untuk mengetahui imbas layanan dan pasokan listrik untuk base transciever station (BTS).

"Hingga saat ini layanan telekomunikasi tetap berjalan normal, kita akan update terus jika ada perkembangan selanjutnya terutama di site yang pasokan listriknya terputus," jelas Singue ketika dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (2/8) malam.


Senada, General manager corporate communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih juga memastikan layanan seluler tetap bisa digunakan. Perempuan yang kerap disapa Ayu ini mengklaim seluruh jaringan XL aman usai gempa bumi yang mengguncang Banten.

"Sampai dengan saat ini secara keseluruhan jaringan XL Axiata masih aman atau normal, dan kami masih terus melakukan pemantauan utk memastikan layanan kepada pelanggan atau masyarakat tidak mengalami gangguan," terangnya kepada CNNIndonesia.com melalui pesan teks.

Ayu mengatakan sempat ada pemadaman listrik di area Pandeglang, namun tidak berimbas pada jaringan XL Axiata.

"Memang sempat ada pemadaman listrik di sekitar Pandeglang, namun alhamdulillah jaringan tetap aman," tambahnya.

Munir Syahda Prabowo, VP technology relation and special project Smartfren juga mengatakan jaringan Smartfren tidak terdampak gempa bumi Banten. Munir mengatakan pantauan Smartfren tidak terjadi masalah layanan bagi pelanggan.

"Jaringan Smartfren sampai dengan saat ini tidak terdampak dan tetap beroperasi sebagaimana mestinya. Sementara tidak ada masalah, tapi kita sudah siapkan tim untuk antisipasi bila diperlukan back-up genset," ucapnya.

BMKG melaporkan gempa bumi magnitudo 7,4 yang bersumber di barat daya Sumur, Banten dengan kedalaman 10 kilometer dan berpotensi tsunami pada pukul 19.05 WIB. Getaran gempa sempat dirasakan hingga Depok, Bekasi, Lampung, Bandung, dan Yogyakarta. Peringatan dini tsunami dicabut pada pukul 21.05 WIB.

[Gambas:Video CNN] (evn/evn)