Facebook Bakal Ganti Nama WhatsApp dan Instagram

Tim, CNN Indonesia | Senin, 05/08/2019 09:25 WIB
Facebook Bakal Ganti Nama WhatsApp dan Instagram Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)
Jakarta, CNN Indonesia -- Facebook dikabarkan berencana mengganti nama resmi WhatsApp dan Instagram. Kedua layanan media sosial tersebut kabarnya akan mengusung nama 'Whatsapp from Facebook' dan 'Instagram from Facebook'.

Perubahan nama kedua aplikasi populer tersebut pertama kali diungkap oleh jurnalis The Information, yang kemudian dikonfirmasi oleh juru bicara Facebook.

Juru bicara Facebook mengatakan embel-embel kata "from Facebook" di belakang WhatsApp dan Instagram ditujukan untuk memperjelas kepemilikan Facebook atas kedua platform tersebut.


"Kami ingin memperjelas produk dan layanan yang merupakan bagian dari Facebook," kata juru bicara seperti dilansir The Information.

Kendati demikian, sumber terdekat mengatakan tampilan kedua aplikasi tersebut di ponsel dan tablet pengguna akan tetap sama. Mengutip Techradar, embel-embel 'from Facebook' akan muncul di Apple App Store dan Google Play Store.

Belum diketahui kapan Facebook akan memberlakukan nama baru untuk Instagram dan WhatsAppp.

Belum diketahui alasan di balik langkah Facebook mengganti nama kedua anak perusahaannya. Belakangan salah satu pendiri Facebook, Chris Hughes menuding perusahaan melakukan praktik monopoli.

Hughes mengkritik kekuatan Zuckerberg dalam memimpin perusahaan. Menurutnya, Zuck terlalu banyak mengekang dan ikut campur dalam urusan kedua anak perusahaannya itu.

"Kami adalah bangsa dengan tradisi mengekang dalam monopoli, tidak peduli seberapa baik niat para pemimpin perusahaan-perusahaan ini. Kekuatan Mark [dalam memimpin perusahaan] belum pernah terjadi sebelumnya," tulis Hughes dalam opininya untuk The New York Times seperti dilansir Reuters.

[Gambas:Video CNN]
(evn/evn)