Google Maps Petakan Area Terimbas Pemadaman Listrik

Tim, CNN Indonesia | Senin, 05/08/2019 13:22 WIB
Google Maps Petakan Area Terimbas Pemadaman Listrik Peta pemadaman listrik di Google Map. (Foto: google maps)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google Maps merilis peta daerah-daerah yang terimbas pemadaman listrik (blackout) yang terjadi pada Minggu (4/8).

Hingga Senin (5/8) pagi, masyarakat di sejumlah daerah masih mengeluhkan aliran listrik kembali padam setelah sempat normal

Dalam peta yang dirilis, Google menunjukkan beberapa area di Banten, Jakarta, dan Jawa Barat yang terkena imbas pemadaman listrik menggunakan tanda merah. Melalui peta yang dirilis hingga Senin dini hari pukul 00.43 WIB, nampak area-area tertentu yang belum mendapatkan kembali pasokan listrik.


Keluhan listrik pada juga turutu meramaikan lini masa Twitter pada Senin pagi. Netizen mengeluhkan listrik kembali padam setelah sempat kembali normal pada Minggu malam hingga Senin dini hari.

PLN pada Minggu mengungkapkan bahwa listrik padam ini terjadi karena gangguan pada sisi transmisi Ungaran dan Pemalang 500 kV. Hal ini mengakibatkan transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan.

Kegagalan transfer energi dari timur ke barat ini menyebabkan gangguan (trip) di seluruh pembangkit di sisi tengah dan barat Jawa. Akibatnya daerah Jabodetabek, sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah mengalami listrik padam.

Dalam konferensi media, Senin (5/8) Plt Direktur Utama PT PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani menargetkan pasokan listrik ke sejumlah wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya akan kembali normal malam ini.

Sripeni menyatakan akan ada pasokan listrik yang masuk dari PLTU Suralaya sebesar 1.000 MegaWatt sekitar pukul 16.00 WIB.

"Mudah-mudahan nanti malam, saya berharap target itu (pasokan listrik normal). Sore nanti jam empat itu akan ada dua unit PLTU akan masuk, jadi kira-kira 1.000 MWt," kata Sripeni di Kantor Pusat PT PLN, Jakarta, Senin (5/8).

[Gambas:Video CNN] (evn/evn)