Bocah 9 Tahun Berhasil Buat Lebih dari 30 Gim Mobile

CNN Indonesia | Senin, 12/08/2019 09:05 WIB
Bocah 9 Tahun Berhasil Buat Lebih dari 30 Gim Mobile Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/ Hani Nur Fajrina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Basil Okpara Jr. sepintas tak tampak berbeda dengan bocah seumuran lain di Nigeria. Jika kebanyakan bocah seumuran Okpara kerap bermain gim, ia justru sebaliknya yakni aktif menciptakan gim mobile sendiri.

Berawal dari hobil, Okpara Jr. berhasil menghasilkan hingga lebih dari 30 aplikasi mobile. Ia mulai menggeluti pengembangan aplikasi setelah bergabung dengan pelatihan pemrograman.

"Saya belajar bagaimana cara membuat game dari boot camp. Sekarang saya terus membuat game ketika sedang bosan," jelas Basil seperti dilansir CNN.


Okpara Lr. sebelumnya mengikuti booth camp khusus anak-anak berusia 5-15 tahun yang diselenggarakan oleh Codefest International.

Di sana, anak-anak sepertinya diberikan pengetahuan tentang teknologi seperti membuat robot dan teknologi virtual reality.

Untuk membuat aplikasi mobile, Okpara Jr. hanya menggunakan aplikasi pemrograman gratis bernama Stratch 2. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya membuat gim dan animasi.

Salah satu gim yang telah dibuat Okpara Jr. yakni gim menangkap kelelawar yang sedang bersembunyi. Cara mainnya cukup sederhana, pemain hanya perlu menangkap kelelawar yang muncul untuk mengumpulkan poin.

Basil Okpara Sr. sang ayah mengatakan telah melihat bakat yang dimiliki anaknya sejak masih berumur 7 tahun.

"Suatu hari saya melihatnya bermain tablet seperti biasanya dan saya marah padanya, 'Kamu selalu bermain game. Kenapa tidak berniat untuk membuatnya supaya orang lain juga bisa main?' Saya tak menyangka ia menganggap serius omongan saya," ujar sang ayah.

Sejak saat itu, ia mengatakan anaknya kian serius mengasah kemampuan pemrograman gim.

Saat ini seluruh mobile game yang masih mentah tersebut hanya bisa diakses di komputer yang memiliki aplikasi Scratch 2.

Namun menurut ayahnya, salah satu gim buatan Basil yang berjudul 'Frog Attack' segera tersedia di Google Play Store pada Agustus ini.

[Gambas:Video CNN] (ndn/evn)