Riset: Ponsel Makin Murah, Internet Makin Lemot

cnnindonesia, CNN Indonesia | Jumat, 09/08/2019 07:28 WIB
Riset: Ponsel Makin Murah, Internet Makin Lemot Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada harga ada rupa. Penelitian menunjukkan semakin murah smartphone maka makin lambat kecepatan internetnya. Kecepatan internet ini diukur dari kecepatan unduh dan unggah. Hal ini terkait dengan tambatan cip modem LTE yang disematkan di ponsel.

Secara umum, ponsel dengan kategori high end yang lebih mahal bakal disematkan cip modem dengan kategori LTE yang lebih tinggi. Kategori LTE yang lebih tinggi akan berpengaruh pada kecepatan internet ponsel, baik unduh dan unggah.

Ponsel high-end biasanya mendukung LTE kategori 16 dan lebih tinggi. Ponsel menengah biasanya mendukung LTE kategori 5-15. Sementara ponsel low-end mendukung LTE kategori 4 dan lebih rendah.


Hasilnya, di Indonesia ponsel high end bisa mengunduh data lebih cepat dari ponsel level menengah dan bawah. Menurut data Open Signal, rata-rata kecepatan unduh ponsel high end di Indonesia sebesar 14,4 Mbps. Sementara untuk ponsel menengah sebesar 9,7 Mbps, dan 8 Mbps untuk ponsel low end.

"Di pasar seperti Indonesia, Malaysia, India, Chile, dan Algeria, kecepatan unduh yang dialami pengguna ponsel menengah 1,1 kali lebih cepat dari kelas low end. Hanya ponsel high-end yang merasakan perbedaan kecepatan unduh yang drastis," tulis Open Signal dalam laporannya seperti diterima CNNIndonesia.com, Rabu (7/8).

Open Signal mengumpulkan data dari pengguna ponsel di 40 negara. Dalam laporannya Open Signal membandingkan pengalaman unduhan pengguna dari tiga besar ponsel dunia, Samsung, iPhone, dan Huawei.

Dari data tersebut, secara global pengguna ponsel high-end Samsung punya kecepatan unduhan paling tinggi ketimbang iPhone dan Huawei. Pengguna Samsung menikmati kecepatan unduh 26,6 Mbps. Sementara pengguna Apple 25,1 Mbps dan Huawei 24,4 Mbps. Ponsel yang masuk kelas high-end adalah Samsung S8, S9, Note 8, Note 9; Huawei P20 Pro, P30 Pro, Mate 10, 20, dan iPhone Xs.
Pada smartphone kelas menengah, pengguna Apple menikmati kecepatan unduh paling tinggi. Kecepatan unduh pengguna iPhone 16,5 Mbps, diikuti Huawei 16,3 Mbps, dan Samsung 14,4 Mbps. Contoh untuk ponsel kelas menengah ini adalah Samsung M40, A80, A6s; Huawei P30 Lite, Enjoy 9e, Y6; iPhone XR, X, 8, 7, 6s.

Pengguna Apple terbannyak ada di kategori ini. Meski model iPhone kelas menengah kerap diberi harga serupa dengan Samsung dan Huawei high-end.

Untuk ponsel kelas bawah (low-end), pengguna Huawei merasakan kecepatan unduh paling tinggi dengan 12,1 Mbps. Sementara kecepatan unduh pengguna Samsung 9,7 Mbps dan Apple 8,9 Mbps. Kategori ini dikuasai Samsung dengan 49 persen pengguna. Contoh ponsel kelas bawah Samsung A2 Core, J4 Core, Huawei Nova 2, dan iPhone SE atau 6.

[Gambas:Video CNN] (eks)