Malam Ini Langit akan Dihiasi Hujan Meteor Perseid

CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 06:52 WIB
Malam Ini Langit akan Dihiasi Hujan Meteor Perseid Hujan meteor Perseid. (Foto: REUTERS/OgnenTeofilovski)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hujan meteor perseid akan kembali menghiasi langit mulai Senin (12/8) dan Selasa (13/8) malam. Fenomena tahunan ini terjadi dan kerap dikaitkan dengan komet Swift-Turttle.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin mengatakan hujan meteor perseid kali ini bisa diamati mulai Senin hingga Selasa (13/8) malam. Namun, jumlahnya cenderung berkurang dibandingkan fenomena serupa di tahun-tahun sebelumnya.

"Puncak hujan meteor perseid pada 12-13 Agustus, di luar tanggal tersebut jumlahnya akan semakin berkurang," terang Thomas ketika dihubungi CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Senin (12/8).


Thomas mengatakan kali ini langit relatif hanya 'dihujani' belasan meteor per jam. Jumlah tersebut terhitung sedikit dibandingkan biasanya yang bisa mencapai 80 meteor per jam.

Ia menerangkan alasannya fenomena hujan meteor perseid kali ini bertepatan dengan bulan purnama.

"Salah satu faktor jumlah meteor yang turun tak sebanyak biasanya karena kali ini bertepatan dengan bulan purnama," ucapnya.

Perseid merupakan hujan meteor tahunan yang memiliki intensitas tinggi, antara 50-100 meteor per jam. Hujan ini bisa diamati dengan mudah karena meteornya berwarna cerah.

Fenomena ini bisa diamati di rasi bintang Perseus di belahan utara langit tanpa bantuan teleskop. Dinamakan perseid karena titik radian hujan meteor ini seolah-olah berasal dari arah rasi bintang Perseus.

[Gambas:Video CNN] (ndn/evn)