Setelah Jual Saham Rp40 T, Jeff Bezos Sumbangkan Rp1,4 T

cnnindonesia, CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 09:34 WIB
Setelah Jual Saham Rp40 T, Jeff Bezos Sumbangkan Rp1,4 T CEO Amazon Jeff Bezos (REUTERS/Mike Segar)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Amazon, Jeff Bezos menyumbangkan hampir US$100 juta (Rp1,4 triliun) untuk membantu keluarga yang tidak memiliki tempat tinggal di Amerika Serikat. Sebelumnya, bos Amazon ini diberitakan telah menjual sebagian saham miliknya sekitar Rp40 triliun (US$2,8 miliar/Rp39,9 triliun; kurs Rp14.275).

Hasil penjualan 9.600 lembar saham itu akan digunakan untuk mendanai proyek luar angkasa Blue Origin. Bezos memasok Rp14,2 triliun (US$1 miliar) untuk perusahaan tersebut. 

Dana ini diberikan pada 24 lembaga. Sebanyak 15 lembaga menerima US$5 juta dan sisanya US$2,5 juta. Tidak seperti biasanya, kali ini Bezos memperbolehkan badan amal tersebut untuk mempergunakan uang tersebut tanpa persyaratan yang ketat, seperti dilaporkan Business Insider.


Sebelumnya, pada September 2018 Bezos telah meluncurkan program Bezos Day One Fund senilai US$2 miliar (Rp28 triliun). Saat ini, program tersebut memiliki dua proyek, Day 1 Families Fund dan Day 1 Academies Fund.

Proyek Families ditujukan untuk membantu keluarga tanpa tempat tinggal. Sementara program Academies ditujukan untuk membuka prasekolah di komunitas yang tidak terabaikan.

Biasanya para donatur sangat ketat dengan uang yang mereka sumbang ke lembaga non profit. Mereka biasanya membatasi bagaimana alokasi dana digunakan dan meminta laporan per kuartal.

Tapi, Bezos mengambil langkah sebaliknya. Orang terkaya di dunia ini tidak memberi rincian bagaimana uang itu akan digunakan dan meminta laporan satu kali per tahun, lapor Recode.

Sebelumnya, Bezos dikenal tidak terlalu peduli untuk memberikan sumbangan. Pada 2017, The New York Times melaporkan kalau Bezos hanya menyumbang 1 persen dari kekayaannya untuk lembaga sosial.

Bezos juga tidak menandatangani The Giving Pledge (Janji Pemberian). Ini ada perjanjian yang diusulkan Bill dan Melinda Gates bersama Warren Buffet. Mereka bersama beberapa individu terkaya dunia berjanji untuk memberikan setengah dari kekayaan mereka untuk kegiatan amal.

Para petinggi teknologi termasuk Elon Musk (CEO SpaceX dan Tesla) , Mark Zuckerberg (CEO Facebook), Sheryl Sandberg (COO Facebook), Larry Ellison (Co-founder, CTO Oracle), and Reed Hastings (CEO Netflix) telah menandatangani perjanjian ini.

Mantan istri Bezos, MacKenzie Bezos yang saat ini dipertimbangkan sebagai wanita terkaya ketiga du dunia, telah menandatangani plakat ini pada Mei 2019. (eks/eks)