Honda Setop Produksi Mobil di Argentina

Reuters, CNN Indonesia | Rabu, 14/08/2019 17:53 WIB
Honda Setop Produksi Mobil di Argentina Logo Honda. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Honda Motor Co mengumumkan akan berhenti memproduksi mobil di Argentina mulai tahun depan imbas dari perubahan pola bisnis otomotif di global.

Perusahaan otomotif asal Jepang itu menjelaskan pabrik Campana di provinsi Buenos Aires, yang memproduksi model HR-V, akan fokus pada pembuatan sepeda motor.

Mengutip Reuters, Rabu (14/8), pabrik tersebut mulai beroperasi pada 2011, sementara Honda mulai membuat sepeda motor di Argentina pada 2006.


Dalam keterangan resmi perusahaan bahwa keputusan berhenti produksi mobil adalah bagian dari reorganisasi produksi mobil Honda di dunia dan tidak terkait dengan isu politik di negara tersebut.

Honda mencatat sekitar 1.000 karyawan bekerja di pabrik itu, dan perusahaan sedang dalam pembicaraan dengan serikat pekerja untuk menawarkan jalan terbaik kepada karyawan yang terlibat dalam kegiatan produksi mobil.

Penutupan pabrik ini menyusul pengumuman Honda yang melakukan restrukturisasi bisnis di Turki. Pabrik Honda di Turki yang memproduksi 38.000 sedan per tahun harus berhenti berproduksi pada 2021. Dengan ditutupnya pabrik tersebut Honda harus mengalihkan produksinya ke Jepang, dan China.

Pada awal 2019, perusahaan juga harus menutup pabrik produksinya di kota Swindon di Inggris yang telah beroperasi selama tiga dekade. Pabrik itu telah mempekerjakan 3.500 orang. Pabrik ini cukup sukses setelah menghasilkan lebih dari 3 juta mobil selama beroperasi.

Pabrik ini memproduksi 150.000 Civic per tahun dan diekspor ke lebih dari 70 negara. Pabrik Honda Swindo merupakan satu-satunya pabrik mobil perusahaan Jepang yang berada di Benua Biru. (mik)