Kuil di Jepang Pakai Robot untuk Gaet Anak Muda

ndn, CNN Indonesia | Jumat, 16/08/2019 07:35 WIB
Kuil di Jepang Pakai Robot untuk Gaet Anak Muda Robot di kuil Budha di Jepang (CHARLY TRIBALLEAU / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah kuil di Kyoto, Jepang, berupaya menarik minat generasi muda umat Budha agar tertarik datang ke kuil. Mereka lantas menggunakan robot sebagai pendeta. Robot seukuran orang dewasa tersebut mampu bergerak dan berbicara dengan nada yang menenangkan.

Kehadiran "pendeta" ini diharap mampu membuat generasi muda tertarik untuk pergi ke Kuil Kodaiji. Sebab, kehidupan modern seperti saat ini membuat banyak anak muda mudah merasa tertekan.

"Robot ini bisa untuk siapa saja yang membutuhkan bantuan," ungkap Pendeta Tensho Goto pada AFP.


Robot ini diciptakan berdasarkan Kannon atau Dewa Pengampunan dalam ajaran Buddha. Agar terlihat seperti manusia, tangan, bahu, dan wajahnya dibuat menggunakan bahan silikon dan badannya terbyat dari aluminium. Teknologi kecerdasan buatan juga digunakan agar robot ini mampu berinteraksi dengan pengujung.

"Dengan AI kami berharap akan tumbuh dalam kebijaksanaan untuk membantu orang mengatasi masalah yang paling sulit sekalipun. Ini mengubah agama Buddha."

Mindar, sebutannya, menyampaikan khotbah dari Sutra Hati dalam bahasa Jepang. Untuk mempermudah para turis mancanegara, tersedia pula terjemahan dalam bahasa Inggris dan Cina yang ditampilkan ke layar.

Proyek senilai US$1 juta (sekitar Rp14 miliar) ini merupakan hasil kerja sama antara Kuil Zen dan Hiroshi Ishiguro, seorang profesor robotika cerdas di Universitas Osaka.

[Gambas:Video CNN] (eks/eks)