Mobil-mobil Mewah Dagangan Komisaris PT WAE Tersangka Suap

ray, CNN Indonesia | Kamis, 15/08/2019 21:35 WIB
Mobil-mobil Mewah Dagangan Komisaris PT WAE Tersangka Suap Deretan mobil-mobil asal Inggris. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama perusahaan Wahana Auto Ekamarga (WAE) tiba-tiba mencuat ke publik. Namun ini bukan soal kiprahnya sebagai distributor mobil-mobil premium asal Inggris yaitu Jaguar, Land Rover, hingga Bentley di Indonesia, melainkan karena Komisaris WAE Darwin Maspolim tersangkut kasus korupsi.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini Kamis (15/8), baru saja membuat pengumuman bahwa salah satu 'pejabat' WAE terlibat kasus suap dan sudah ditetapkan tersangka.

Bos WAE ini menurut Wakil Ketua KPK Saut Situmorang diduga memberi suap sebesar Rp1,8 miliar kepada petugas perpajakan agar menyetujui pengajuan restitusi pajak WAE pada 2015 sebesar Rp5,03 miliar dan 2016 senilai Rp2,7 miliar.


Namun di luar kasus tersebut, WAE faktanya menjadi pemasok kendaraan mewah. Perlu dipahami, mobil-mobil yang dipasarkan WAE harganya tak kurang dari Rp1 miliar. WAE pun punya dealer yang sekaligus dijadikan sebagai kantor pusatnya di bilangan Selatan Jakarta.

Berikut Beberapa Mobil 'Kelas Satu' yang dipasarkan WAE:

Jaguar New XF Black Jack

Coba saja tengok sedan mewah Jaguar yang dinamai XF Black Jack ini. Sedan ini punya desain mewah dan elegan, namun tidak menanggalkan kesan sporty. Terdapat juga beberapa sentuhan khas Inggris pada pentil ban dan penutup tengah pelek yang disematkan gambar bendera Inggris 'Union Jack'.

Mobil dengan harga di atas Rp1,5 miliar of-the-road ini dibekali mesin empat silinder satu garis berkapasitas 2.000 cc dengan imbuhan turbocharger. Tenaga yang dihasilkan, dapat mencapai 236,7 hp pada 5.500 rpm dengan torsi puncak 340 Nm yang dapat diperoleh diantara 1.750- 4000 rpm.

Range Rover Velar

Velar menjadi salah satu andalan WAE untuk produk Sport Utility Vehicle (SUV). Mobil ini dibanderol di atas Rp2 miliar dengan status off-the road.

Velar dilengkapi mesin V6 3.000 cc dengan suntikan supercharger dan tenaganya mencapai 374,8 hp dan torsi maksimal 450 Nm. Mesin itu dipadukan dengan transmisi otomatis 8-speed lansiran ZF. Untuk berakselerasi 0-100 km per jam membutuhkan waktu 5,9 detik.

Jaguar F-Pace

Jaguar yang dijual WAE bukan hanya berbentuk sedan. WAE juga sudah meluncurkan SUV yaitu F-Pace pada September 2017 lalu.

Di benua biru, F-Pace pertama kali meluncur di ajang Frankfurt Motor Show 2015. Sementara di Indonesia, kendaraan ini muncul saat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Di Indonesia SUV itu dibanderol di atas Rp1,5 miliar off-the-road.

Range Rover

Penyegaran Range Rover masuk Indonesia pada Mei 2018. Mobil dibekali pilihan mesin V6 3.000 cc dengan supercharger yang mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 335,34 hp dan torsi maksimal 450 nm.

Oleh WAE Range Rover dijual dengan harga lebih dari Rp3,6 miliar.

Range Rover Sport

Sama dengan Ranger Rover, model Sport juga diluncurkan di Indonesia pada Mei 2018. Model ini menyuguhkan mesin V6 3.000 cc yang telah ditopang supercharger. Harga Ranger Rover sedikit lebih murah dari Sport, yaitu di atas Rp2,9 miliar off-the-road.

Land Rover Discovery

Land Rover Discovery generasi baru mulai melantai di Indonesia pada awal tahun ini dengan mesin mesin baru, yakni 4-silinder 2.000 cc turbocharger. Generasi kelima Discovery sebetulnya sudah debut global pada September 2016, namun pilihan mesinnya hanya satu, yaitu V6 3.000 cc supercharger.

Mobil tersebut dibanderol di atas Rp2,4 miliar off-the-road. Selain itu WAE juga menjual Discovery Sport yang dijual di atas Rp1,6 miliar.

Bentley Continental GT

Lewat anak perusahaan, Bentley Jakarta, WAE juga memiliki Continental GT generasi ketiga. Mobil ini menawarkan kemewahan luar dalam.

Material pelat bodi yang digunakan saja sama seperti yang biasa dipakai pada badan pesawat. Hal itu guna menekan bobot kendaraan Continental GT. Di Indonesia mobil ini dibanderol sekitar Rp10 miliar.

Range Rover Evoque

Awal bulan ini atau beberapa pekan sebelum bos WAE menjadi tersangka, perusahaan sudah meluncurkan generasi terbaru Evoque di Tanah Air dengan harga di atas Rp1,7 miliar off the road.

Mobil ini menggendong mesin Ingenium 4-silinder segaris 2.000 cc dengan imbuhan turbocharger, yang mampu menghasilkan tenaga puncak 245,5 hp dan torsi maksimal 365 Nm. (ryh/mik)