Tips Tekno

5 Fungsi Google Assistant, dari Gim Hingga 'Gombal'

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 26/08/2019 11:55 WIB
5 Fungsi Google Assistant, dari Gim Hingga 'Gombal' Ilustrasi. (REUTERS/Steve Marcus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mayoritas smartphone yang beredar saat ini telah dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dengan konsep asisten virtual. Apple memiliki Siri untuk seluruh perangkatnya baik iPhone, iPad dan MacBook.

Sementara itu, Google 'menyelipkan' Google Assistant dalam ponsel Android. Bahkan pada sebagian ponsel Android anyar, sudah disiapkan 'dedicated button' yang akan langsung memanggil asisten virtual.

Jika belum tersedia, pengguna bisa 'memanggil' asisten dengan mengucapkan 'Ok Google'. Bahasa pun bisa disesuaikan dengan Bahasa Indonesia jika kesulitan menggunakan Bahasa Inggris.
Namun, belum banyak yang mengetahui fungsi dan kegunaan dari asisten virtual Google Assistant. Berikut beberapa kegunaan dan fungsi yang bisa dijajal pengguna.


1. Setel Alarm

Pengguna bisa secara otomatis mengucapkan 'Set Alarm' atau 'Pasang Alarm'. Ponsel akan masuk ke dalam menu alarm secara otomatis.

2. Buka Email dan Aplikasi

Pengguna bisa membuka Gmail tanpa menggunakan tangan dengan cara menyebutkan 'Ok Google' dan 'Buka Gmail'. Selain Gmail, pengguna pun bisa membuka aplikasi ketiga lainnya.

Pengguna tinggal menyebut 'Buka (sebutkan nama aplikasi)'.

3. Rekomendasi Tempat Makan dan Pom Bensin

Ketika menggunakan Google Assistant, pengguna tak perlu lagi mengetik untuk mencari restoran terdekat di Google. Pengguna tinggal mengatakan 'Ok Google' dan 'tunjukan restoran terdekat'.

Dengan perintah yang sama, asisten virtual ini bisa mencarikan pom bensin terdekat.
4. Memberikan Lelucon, Gombal dan Horor

Selain digunakan untuk hal serius, pengguna bisa memanfaatkan asisten virtual Google ini untuk aktifitas menyenangkan.

Salah satunya adalah memberikan lelucon.

'Berikan saya lelucon'

Setelah mendengar perintah tersebut, Google akan mengeluarkan lelucon yang bisa membuat pengguna tertawa. Tak hanya itu, asisten virtual ini pun bisa melontarkan 'gombalan'.

Pengguna tinggal menyebut 'Gombal dong'. Lalu asisten virtual ini akan mengeluarkan pantun-pantun gombal. Terkadang, gombalan tersebut diselingi dengan suara 'ehem' hingga bunyi kecupan.

Satu lagi yang bisa dicoba yakni cerita horor. Pengguna bisa mengucapkan 'Cerita horor'. Suara asisten virtual Google ini akan membacakan kisah 'horor' yang jika didengar sebenarnya bukan horor dengan kisah hantu tetapi justru cerita lucu.

5. Main Gim

Pengguna bisa bermain gim menggunakan asisten virtual Google. Pengguna tinggal menyebut 'Ok Google' dan 'Saya bosan'. Asisten virtual ini akan memberikan opsi gim hingga video yang bisa ditonton untuk membuang waktu.

[Gambas:Video CNN] (jnp/age)