Lapisan Es Greenland Mencair Hingga 11 Miliar Ton

CNN, CNN Indonesia | Minggu, 18/08/2019 15:12 WIB
Lapisan Es Greenland Mencair Hingga 11 Miliar Ton Ilustrasi. (Istockphoto/ShutterOK)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah memecahkan rekor suhu, para ilmuwan mengungkap lapisan es Greenland mengalami pencairan terbesar pada musim panas yang terjadi Kamis, (15/8).

Saat itu, Greenland kehilangan 11 miliar ton es ke permukaan laut. Es yang mencair tersebut setara dengan 4,4 juta kolam renang Olimpiade.

Dilansir dari CNN, sepanjang Juli lalu saja Greenland telah kehilangan sekitar 197 miliar ton es. Ahli iklim Institut Meteorologi Denmark Ruth Mottram mengatakan bahwa pencairan es telah terjadi selama 4 bulan terakhir.
Menurutnya, tahun ini diperkirakan masih akan ada 70 miliar ton es yang akan mencair.


Biasanya es akan mencair selama musim panas namun tahun ini merupakan yang terparah. Bulan Juli lalu adalah bulan terpanas sepanjang sejarah.

Kondisi ini pun dipicu oleh gelombang panas yang melanda Eropa beberapa waktu lalu dan mengakibatkan kenaikan sekitar setengah milimeter ketinggian air laut secara global. Selain itu, gelombang panas juga diperkirakan menyebabkan 100 kebakaran hutan intens yang belum pernah terjadi sebelumnya di kutub pada Juni lalu.

Menurut Ruth, kondisi cuaca seperti ini akan terus berlanjut hingga akhir Agustus akan tetapi jumlah es yang mencair diperkirakan tidak akan sebanyak minggu ini.

[Gambas:Video CNN] (ndn/age)