Tips Teknologi

Tips Ubah Ponsel Lama Jadi Kamera CCTV

Tim, CNN Indonesia | Senin, 19/08/2019 16:28 WIB
Tips Ubah Ponsel Lama Jadi Kamera CCTV Ilustrasi. (WDnet/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berbagai cara dapat dilakukan untuk memanfaatkan ponsel lama yang sudah tidak terpakai lagi. Salah satunya dengan memanfaatkannya sebagai kamera monitor atau CCTV.

Berikut cara menggunakan ponsel lama menjadi kamera monitor:

1. Siapkan Ponsel


Untuk mempraktikkan ini dibutuhkan sebuah ponsel lama dan ponsel baru. Pastikan juga ponsel lama masih berfungsi dengan baik.
2. Pasang aplikasi CCTV

Ada beberapa aplikasi yang dapat memiliki fitur serupa. Dikutip dari Cnet, salah satu aplikasi yang disarankan adalah 'Alfred' karena dapat digunakan pada ponsel android maupun iOS. Namun, pengguna harus meng-upgrade aplikasi premium agar mendapatkan fitur yang lebih lengkap seperti resolusi tinggi dan penyimpanan data cloud selama 30 hari.

Unduh aplikasi pada kedua ponsel yang akan digunakan. Pada ponsel baru, pilih "viewer" lalu "next". Sign-in menggunakan akun Google. Ulang cara yang sama pada ponsel lama dan pastikan menggunakan akun yang sama.
3. Letakkan ponsel CCTV ditempat yang dinginkan

Pilih lokasi yang strategis untuk mencakup wilayah yang akan dimonitor. Misalnya seperti menghadap pintu masuk rumah, garasi, ruang keluarga, atau pada kamar bayi.

Gunakan tripod khusus ponsel agar ponsel dapat berdiri. Untuk mendapatkan sudut yang lebih luas, bisa juga membeli lensa wide ponsel di toko online.

Ingat, ponsel tetap butuh baterai. Ketika merekam video, ponsel akan bekerja lebih ekstra dan akan sangat menghabiskan baterai. Pastikan letak ponsel dekat dengan sumber listrik agar dapat digunakan saat diisi ulang. (ndn/age)