Virgin Segera Bawa Turis ke Luar Angkasa, Tiket Rp3,5 M

AP, CNN Indonesia | Sabtu, 17/08/2019 22:48 WIB
Virgin Segera Bawa Turis ke Luar Angkasa, Tiket Rp3,5 M Pesawat Virgin Galactic. (AFP/Gene Blevins)
Jakarta, CNN Indonesia -- Virgin Galactic akan segera menerbangkan pesawat jelajah luar angkasa secara komersil. Hal ini diklaim akan menjadi pengalaman yang 'tak tertandingi'. 

"Kami adalah perusahaan pertama yang menerbangkan kapal luar angkasa dengan penumpang yang pertama kali dapat berjalan-jalan di kabin," ungkap CEO Virgin Galactiv George Whitesides pada AP

Pesawat itu berada di sebuah hangar atau spaceport di daerah gurun pasir di New Mexico. Spaceport tersebut memiliki dua lantai dengan sejumlah fasilitas. Misalnya seperti ruang kontrol, area persiapan untuk pilot dan lounge untuk penumpang. 


Seluruh interior kamar hotel hingga kabin didesain khusus bertemakan futuristik untuk pengalaman penumpang. Fasilitas lain yang akan didapat penumpang adalah sebuah area sosial yaitu dengan jalan digital interaktif dan bar kopi yang terbuat dari marmer Italia.

Kapten pilot Dave Mackay mengatakan, sebelum siap membawa penumpang ke luar angkasa, para awak kabin akan melakukan simulasi penerbangan untuk memastikan perjalanan tersebut nanti benar-benar akan berjalan dengan baik.

Hingga saat ini, sekitar 600 orang telah mereservasi penerbangan tersebut. Harga yang ditawarkan Virgin Galactic untuk satu tiket adalah US$250 ribu atau sekitar Rp3,5 miliar (US$1= Rp14.223). 

Tinggal beberapa uji penerbangan lagi, pesawat ini akan segera siap meluncur ke luar angkasa. (ndn/age)