China Sukses Luncurkan Roket Pembawa Satelit Komersial

Reuters, CNN Indonesia | Senin, 19/08/2019 13:37 WIB
China Sukses Luncurkan Roket Pembawa Satelit Komersial Ilustrasi peluncuran roket. (Foto: ARUN SANKAR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Antariksa China (China Aerospace Science and Technology Corp/ CASC) berhasil meluncurkan roket pertama yang ditujukan untuk penggunaan komersial dari stasiun peluncuran di Jiuquan, Gansu pada Sabtu (17/8).

Roket Smart Dragon-1 atau Jielong-1yang berbobot 23 ton dengan panjang 19,5 meter dan diameter 1,2 meter ini dilaporkan membawa tiga satelit menuju orbit Bumi. Roket ini memang disiapkan untuk mengakomodir kebutuhan peluncuran satelit komersial.

Dilaporkan Reuters, peluncuran roket ini merupakan upaya China untuk menyediakan beragamlayanan mulai dari internet berkecepatan tinggi hingga pesawat untuk melacak pengiriman barang.


Misi peluncuran roket komersial pertama China ini berasal dari pendanaan swasta dan pemerintah.

Peluncuran roket ini disebut sebagai upaya untuk menekan biaya perusahaan komersial. Roket Smart Dragon 1 sebelumnya telah merampungkan uji mesin pada April lalu.

Roket ini dirancang agar bisa menampung muatan hingga lebihd ari 150 kilogram ke orbit di ketinggian 700 kilometer dari permukaan Bumi.

CNSA melaporkan pihanya hanya butuh waktu enam bulan untuk merampungkan satu roket Smart Dragon 1 dan 24 jam untuk persiapan peluncuran.

[Gambas:Video CNN] (evn/evn)