Tim Cook Nilai Samsung Diuntungkan Tarif Baru Pajak Impor

Tim, CNN Indonesia | Senin, 19/08/2019 21:51 WIB
Tim Cook Nilai Samsung Diuntungkan Tarif Baru Pajak Impor CEO Apple Tim Cook. (Foto: REUTERS/Carlo Allegri)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Apple Tim Cook menilai penetapan tarif baru pajak impor yang akan diberlakukan Presiden Donald Trump pada 1 September akan merugikan sebagian besar produk Apple yang dibuat di China.

Sebaliknya, Cook justru menilai Samsung akan diuntungkan dari penetapan aturan tersebut. Sebab, menurutnya Samsung lebih banyak memproduksi perangkatnya di Vietnam, India, Indonesia, dan negara lainnya di luar China.

Pernyataan tersebut disampaikan Cook disela jamuan makan malam yang diselenggarakan di Klub Golf Presiden AS di Bedminster, New Jersey pada Jumat (16/8) malam waktu setempat.


Menanggapi hal tersebut, Trump menyatakan keberatan atas pernyataan Cook. Menurutnya tarif baru impor diberlakukan sebagai buntut dari perang dagang antara AS dan China.

Kendati demikian, Trump menjanjikan akan meninjau ulang keberatan yang diajukan Cook bersama jajarannya.

"Cook membuat argumen yang sangat menarik, dia mengatakan tarif baru mempersulit Apple untuk bersaing dengan perusahaan seperti Samsung. Aku sedang memikirkannya," kata Trump seperti mengutip ABC News.

Padahal sebagian besar produk Apple yang dirakit di China akan dikenakan pajak impor sekitar 10 persen di akhir tahun ini.

Dilansir The Verge pajak ini akan mulai berlaku pada 1 September untuk produk-produk seperti Apple Watch dan AirPods.

Sementara Samsung memiliki rantai pasokan yang lebih beragam dan sebagian besar manufakturnya berada di Vietnam dan Korea Selatan. Hal itulah yang membuat Samsung tidak akan terdampak kenaikan tarif baru pajak impor.

[Gambas:Video CNN] (din/evn)