Identitas Suzuki Ertiga Versi 'Captain Seat' di India

fea, CNN Indonesia | Senin, 19/08/2019 16:56 WIB
Identitas Suzuki Ertiga Versi 'Captain Seat' di India Gambar penggoda Suzuki XL6 yang dirancang dari basis Ertiga menggunakan captain seat. (Dok. Suzuki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Maruti Suzuki di India telah mengonfirmasi bakal meluncurkan model baru bernama XL6. Berdasarkan informasi yang beredar di situs otomotif India, mobil ini berbasis MPV Ertiga namun dengan nuansa kelas atas.

XL6 disebut akan dijual di dealer premium Suzuki bernama Nexa yang selama ini menjadi jaringan pemasaran untuk S-Cross, Baleno, Ciaz, dan Ignis. Sementara itu selama ini Ertiga diketahui dijual melalui jaringan dealer Arena yang menjual mobil-mobil masyarakat Suzuki seperti Alto 800, Wagon R, Swift, dan Vitara Brezza.




Kendati basisnya Ertiga, XL6 sesuai namanya cuma muat enam penumpang. Dari bocoran data dimensi diketahui XL6 lebih panjang 50 mm, lebih lebar 40 mm, dan lebih tinggi 10 mm dari Ertiga.

Walau lebih bongsor, dimensi itu diperkirakan tidak mempengaruhi luas kabin XL6 pasalnya wheelbase 2.740 mm tetap sama seperti Ertiga. Demikian juga dengan radius putarnya, yaitu 5,2 m.

Diduga XL6 punya dua varian, Zeta, dan Alpha sebagai yang tertinggi. Fitur standar yang ada di keduanya yakni SmartPlay Studio untuk sistem hiburan, captain seat di baris kedua, fitur lampu depan LED plus DRL, dan warna kabin semua hitam.

Pada Alpha, fitur masih ditambah kamera parkir, pelapis jok kulit, cruise control, dan pelek hitam.


Mesin XL6 dikatakan memakai tipe bensin K15 Smart Hybrid yang menyemburkan 104 hp dan torsi 138 Nm. Ada dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Rencananya, Suzuki XL6 akan meluncur di India pada 21 Agustus 2019. Di situs Maruti Suzuki sudah terpampang informasi bahwa pintu pemesanan buat mobil ini telah dibuka.

Menciptakan variasi Ertiga sebenarnya sudah dilakukan di Indonesia. Pada Maret lalu Suzuki Indomobil Sales sudah meluncurkan Ertiga Suzuki Sport yang ditempatkan sebagai varian paling mahal. Beda dari XL6 yang cenderung elegan, Ertiga Suzuki Sport punya nuansa lebih macho. (fea)