Oppo, Xiaomi, dan Vivo Kompak Bikin Tandingan AirDrop

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 20/08/2019 20:41 WIB
Oppo, Xiaomi, dan Vivo Kompak Bikin Tandingan AirDrop Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga produsen ponsel asal China, Oppo, Xiaomi, dan Vivo dikabarkan bekerja sama membuat sistem berbagi data serupa AirDrop milik Apple. Kabar tersebut muncul pertama kali lewat unggahan di media sosial China, WeChat.

Ketiga perusahaan tersebut mengunggah foto yang sama dengan latar berwarna hijau, oranye, dan biru dilengkapi merek masing-masing.

Foto tersebut juga dilengkapi keterangan dalam aksara China dan tulisan 'mobile direct fast exchange'. Fitur ini akan kemungkinan akan bekerja dengan menggabungkan koneksi WiFi dan Bluetooth.


Mengutip Forbes, pengguna ponsel dengan sistem operasi Color, FunTouch atau MIUI bisa berbagi data hanya dengan sekali klik, tanpa butuh data seluler. Selain tiga merek tersebut, Realme yang merupakan sub-brand Oppo mengonfirmasi ikut bagian dalam program ini.

Ketiga produsen ponsel tersebut juga menyatakan membuka diri jika ada kompetitor yang tertarik untuk bekerja sama mengembangkan 'AirDrop'.

Dilaporkan The Next Web, fitur ini rencananya akan tersedia mulai akhir Agustus dalam versi beta. Pesaing AirDrop ini disebut bisa mentransfer data hingga kecepatan 20 Mbps.

Laporan pengapalan ponsel pintar di Indonesia yang dirilis Canalys mencatat hingga kuartal kedua 2019 Oppo menjadi penguasa pasar. Oppo memiliki pangsa pasar 26 persen dengan pertumbuhan 54 persen dari periode yang sama setahun silam.

Sementara Xiaomi dan Vivo harus turun satu peringkat dari periode sebelumnya. Xiaomi kini berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 19 persen, dengan penurunan pertumbuhan 9 persen dari tahun lalu.

Vivo mengantongi pangsa pasar 15 persen dan pertumbuhan drastis. Selama setahun terakhir, Vivo mengalami pertumbuhan 62 persen dari tahun lalu.

[Gambas:Video CNN] (evn/evn)