WhatsApp Bakal Boyong Pembayaran Elektronik ke Indonesia

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 20/08/2019 16:55 WIB
WhatsApp Bakal Boyong Pembayaran Elektronik ke Indonesia Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- WhatsApp dikabarkan tengah melakukan diskusi dengan sejumlah perusahaan pembayaran digital untuk menyediakan fitur transaksi elektronik di Indonesia.

Juru bicara Facebook mengatakan langkah yang dilakukan WhatsApp merupakan upaya untuk memanfaatkan sektor e-commerce yang sedang tumbuh pesat di Indonesia.

"WhatsApp sedang dalam pembicaraan dengan mitra keuangan di Indonesia tentang pembayaran digital, namun diskusi masih dalam tahap awal dan kami tidak memiliki hal lain untuk dibagikan," kata dia seperti dilansir Reuters.


Jika rencana ini berjalan mulus, maka Indonesia akan menjadi negara kedua setelah India yang disasar Facebook untuk mengembangkan sistem pembayaran non tunai. Sebelumnya WhatsApp telah melakukan integrasi dengan Unified Payment Interface (UPI) di India pada Juli 2018 lalu.

Nantinya, WhatsApp hanya berfungsi sebagai layanan yang mendukung pembayaran melalui dompet digital lokal. Model ini juga akan diterapkan ke sejumlah negara berkembang lainnya.

Anak perusahaan Facebook ini dikabarkan tengah melakukan pembicaraan dengan beberapa perusahaan pembayaran digital seperti Gopay, Dana, dan Ovo. Disamping ketiga perusahaan tersebut, WhatsApp dikabarkan juga tengah melakukan diskusi serupa dengan Bank Mandiri.

Juru Bicara Facebook pun menyebut bahwa kesepakatan dengan ketiga perusahaan itu diperkirakan akan diselesaikan dalam waktu dekat.

CNNIndonesia.com telah mencoba menghubungi perwakilan dari Gopay, Dana, dan Ovo untuk meminta konfirmasi terkait kerja sama ini, namun belum mendapatkan jawaban.

(din/evn)